Belanja Kurma di Pasar Kakiyah Makkah
January 6, 2018
Kenapa Waktu Bersepeda Terbaik Selalu di Pagi Hari
January 7, 2018
Show all

Bertandang ke Gua Hira Tempat Rasulullah Menerima Wahyu Pertama dari Allah SWT

Bertandang ke Gua Hira Tempat Rasulullah Menerima Wahyu Pertama dari Allah SWT

Gua hira adalah tempat di mana Rasulullah menerima wahyu pertama dari Allah. Di tempat inilah pada suatu ketika, di saat sedang menyendiri, tiba-tiba Rasulullah SAW dikejutkan oleh kehadiran Jibril yang serta merta menyuruhkan untuk membaca ayat pertama surat Al-Alaq. Dengan semua cerita ini telah menjadikan gua hira sebagai tempat yang bersejarah sehingga jutaan muslim dari seluruh dunia setiap tahunnya bertandang ke gua hira untuk bertafakur seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW beberapa abad silam.

Jangan membayangkan Gua Hira yang berada 5 km di utara Mekah ini memiliki ukuran besar yang mampu menampung banyak orang. Gua yang terletak di Jabal (gunung) Nur ini berukuran sangat kecil. Berada di atas gunung setinggi 200 meter yang terjal berbatu, lagi gersang.

Bertandang ke Gua Hira membutuhkan waktu sekitar dua jam. Gua Hira sendiri terletak di antara dua batu raksasa yang sangat dalam dan sempit. Luas gua ini hanya cukup untuk tidur tiga orang berdampingan. Tingginya kira-kira dua meter. Di ujung kanannya terdapat lubang dengan pemandangan kawasan gunung dan bukit ke arah Mekah. Setiap musim haji/umrah, tidak sedikit jemaah yang menyambangi gua ini.

Biasanya jemaah akan berangkat dari pemondokan mereka di Mekah pagi hari sebelum terbit sinar mentari untuk menghindari sengatan panas matahari di siang hari ketika hendak Bertandang ke Gua Hira.

Sedangkan Gua Tsur merupakan gua tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dan sahabat tercintanya, Abu Bakar Siddiq, dari kejaran kaum kafir Mekah. Keduanya bersembunyi di gua ini selama tiga hari.

Seperti halnya Gua Hira, Gua Tsur juga terletak di atas puncak gunung, yakni Jabal Tsur yang jaraknya sekitar 7 km dari Masjidil Haram arah ke Thaif. Gunung ini memiliki tiga puncak yang saling berhubungan. Gua Tsur terletak pada puncak ketiga. Jika jalan masuk Gua Hira hanya ada satu, dalam dan sangat sempit, Gua Tsur memiliki dua pintu pada bagian depan dan belakang. Bentuk guanya unik, mirip wajan atau kuali tertelungkup.

Ads :

Yuk umrah dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat