Tips Berumrah Bagi Anda Yang Berkursi Roda
January 6, 2018
Bertandang ke Gua Hira Tempat Rasulullah Menerima Wahyu Pertama dari Allah SWT
January 6, 2018
Show all

Belanja Kurma di Pasar Kakiyah Makkah

Salah satu makanan dari tanah arab yang paling digandrungi orang-orang sedunia adalah kurma. Buah spesial dari arab ini paling sering dikonsumsi ketika bulan ramadhan tiba. Belanja Kurma langsung di tanah arab, terutama di makkah, akan menjadi pengalaman seru sekaligus menegangkan. Seru karena anda harus antri atau berjibaku dengan pembeli lainnya yang berasal dari semua daerah di muka bumi. Menegangkan karena anda harus punya kemampuan menawar seperti umumnya sebuah proses jual beli.

Kurma Ajwa adalah salah satu favorit para jamaah dari Indonesia. Harga sekilogram Ajwa, dijajakan 60 real atau Rp210.000 (Rp3.500 per real). Namun di pasar Kakiyah, harga bisa ditawar menjadi 45 real atau Rp157.500.

Selain Ajwa ada macam-macam kurma lainnya, seperti Sukkari yang menjadi favorit warga Arab Saudi. Juga kurma muda dengan berbagai ragam tingkat kematangan.

Tidak hanya Belanja Kurma, buah khas Timur Tengah seperti buat Tin dan semacam kismis juga dengan mudah ditemukan. Semuanya tersusun rapi di etalase kaca.

Jika diperhatikan, pasar Kakiyah tidak berbeda dengan pasar umumnya di Indonesia. Namun ada satu keunikan di tempat ini, yakni tidak adanya lalat meski kurma menghampar luas.

Hari ini, pasar masih belum begitu ramai. Menurut salah satu mukimin, Syamsul, pasar akan ramai setelah puncak haji. Banyak pendatang yang berbelanja di Kakiyah untuk buah tangan keluarga ke negaranya masing-masing.

Sementara itu, penjual bernama Nashir, mengaku buah dengan nama latin Phoenix dactylifera itu didatangkan dari Madinah dan Qashim. Ia juga menyebut, omzet penjualan kurma biasanya akan meningkat di musim haji.

“Kalau hari biasa, tergantung kondisi juga sebetulnya kadang ramai kadang sepi,” kata pria asal Mesir ini.

Di luar musim haji, dari jemaah haji yang Belanja Kurma biasanya dia hanya mengantongi 500 riyal per hari. Namun ketika musim haji tiba, penghasilannya bisa meningkat dua kali lipat dari 1.000 riyal hingga 3.000 riyal.

Ads :

Yuk umrah dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat