Pentingnya Atribut Bersepeda, Untuk Kenyamanan dan Keselamatan
January 5, 2018
Sepeda Itu Cukup Satu
January 5, 2018
Show all

Tips Memilih Tipe MTB Yang Paling Tepat

Tips Memilih Tipe MTB Yang Paling Tepat

Anda penyuka trek pegunungan, boleh dicoba tuh trek-trek up hill yang menantang dan butuh energi lebih untuk melibasnya. Untuk melewati trek pegunungan anda harus memilih sepeda yang tepat, untuk itu kami sampaikan di sini tips memilih tipe mtb untuk melewati trek-trek menanjak dan butuh tenaga lebih. Nah, sudah kami siapkan informasinya bagi anda, silakan diterapkan dan semoga bisa anda peroleh tipe mtb yang pas.

  • Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli MTB adalah berapa budget yang kamu miliki. Perlu diperhatikan juga, Anda membutuhkan banyak peralatan tambahan agar kegiatan bersepeda bisa efektif dan nyaman. Beberapa tools tambahan tersebut adalah sarung tangan, wearpack, dan helm. Dewasa ini tersedia banyak MTB berkualitas dengan harga terjangkau, biasanya berbahan rangka aluminum. Perlu diperhatikan juga, semakin ringan rangka MTB, maka semakin mudah dan cepat dalam melewati berbagai trek di pegunungan.
  • Anda juga mesti paham mengenai tipe-tipe struktur MTB, terdapat 3 tipe yaitu hardtail (MTB dengan fork suspensi dibagian depan), rigid (tanpa suspensi), dan full-suspension (sok breker depan dan belakang). Anda bisa memilih dari tipe-tipe tersebut sesuai dengan permukaan gunung yang mungkin akan Anda jelajahi.
  • Anda juga mesti mempertimbangkan berbagai perawatan dan penggantian komponen MTB seperti rantai baru, ban baru, rem dan lain-lain. Berbeda dengan jenis bersepeda lainnya, MTB lebih mudah rusak (tergantung trek yang dilalui) sehingga biker harus mempersiapkan dana untuk berbagai perbaikan. Anda juga bisa melakukan berbagai perbaikan secara manual terutama jika Anda sudah sangat mastery dalam memperbaiki MTB.
  • Tips memilih tipe mtb yang bergaransi dan terdapat berbagai penawaran servis maka Independent Bicycle Dealer (IBD) atau dealer sepeda independen adalah tempat terbaik. Beberapa IBD memiliki situs sehingga Anda dapat menemukan berbagai toko sepeda berkualitas dan Anda bisa melakukan berbagai eksplorasi disana.
  • Sebelum Anda menginjakan kaki di dealer MTB independen ada baiknya melakukan berbagai negosiasi, perlu diketahui bahwa beberapa toko sepeda lokal menawarkan berbagai diskon tergantung momen-momen tertentu.
  • Tidak diragukan lagi bahwa internet merupakan ‘best place’ untuk melihat berbagai produk-produk MTB terbaik. Berbeda jika kita membeli MTB di toko, dengan Anda browsing lewat internet, Anda bisa menemukan seluruh produk MTB beserta range harga yang ditawarkan. Namun pembelian via internet ada kekurangannya juga, berbeda jika kita membeli MTB di dealer sepeda, jika Anda membeli MTB via internet maka Anda tak bisa mengembalikannya jika rusak.
  • Karakteristik MTB adalah memiliki ban 26-inci yang memang menjadi hallmark MTB, dikombinasikan dengan rangka yang agak kecil dan lebih tahan lama. MTB yang baik memiliki ban yang ringan dan kuat sehingga lebih cocok disebut sepeda hybrid.
  • Sama seperti device-device lainnya, biker harus informatif terhadap perkembangan teknologi hari ini. Terdapat banyak aksesoris atau fitur yang bisa Anda pertimbangkan untuk diaplikasikan dalam kegiatan bersepeda gunung.
  • Internal gear merupakan system percepatan pada sepeda dengan mekanisme di dalam hub, mudahnya seperti persneling pada kendaraan bermotor. Percepatan dalam IG bervariasi, yg paling umum dijumpai adalah 3 speed.
  • Karena MTB pastinya sering melewati tanjakan dan jalan curam, maka diperlukan tool agar sepeda bisa dengan lebih cepat. Salah satu solusinya yaitu internal gear hub, yaitu sebuah komponen yang memiliki sistem percepatan yang ada didalam hub. Jika Anda masih bingung apa itu internal gear hub, Anda bisa melihat persneling di kendaraan bermotor, persis seperti itu internal gear hub.
  • Biasanya internal gear hub sangat kuat dan membutuhkan sedikit perawatan. Dengan adanya internal gear hub, berat sepeda akan bertambah namun kecepatan juga akan bertambah. Sistem percepatan dalam internal gear hub bisanya 3 speed.
  • Fork suspensi juga mesti dipertimbangkan jika Anda memang akan melewati berbabagai medan ekstrem. Trek off-road memang membutuhkan suspensi yang powerful, namun pastinya akan menambah beban pada sepeda.
  • Jangan sampai Anda membeli MTB sebelum Anda mengecek ukurannya, sama seperti pakaian yang memang harus sesuai dengan ukuran badan, sepeda pun sama. Kaki harus memijak dengan nyaman pada tanah saat Anda mengendarainya. Sepeda gunung modern memiliki desain sloping top-tube, sehingga rangka dibuat lebih kecil.
  • Hal penting lainnya dalam tips memilih tipe mtb adalah memastikan jarak tubuh antara sadel ke stang seideal mungkin, Anda bisa melakukan testing pada MTB untuk menentukan apakah MTB tersebut nyaman atau tidak untuk dikendarai.

Ads :

Yuk jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat