Tips Pedaling Agar Lebih Mantap Dalam Memacu Laju Sepeda
January 5, 2018
Meningkatkan Ketahanan Tubuh dengan Konsumsi Vitamin dan Mineral
January 5, 2018
Show all

Teknik Recovery Setelah Menggowes Sepeda Beberapa Kilometer

Teknik Recovery Setelah Menggowes Sepeda Beberapa Kilometer

Tentu saja rasa lelah akan menyita seluruh fisik anda setelah menggowes sepeda sejauh beberapa kilometer. Rasa lelah ini ditandai dengan nafas yang tersengal-sengal, keringat yang mengucur deras, dan rasa haus ekstrim. Kalau anda sudah mencapai batas ini, jangan dilanjut, lakukan teknik recovery secara fisik agar tubuh menjadi tenang, rasa lelah hilang dan tubuh kembali fit. Melakukan recovery setelah menggowes sepeda dalam jarak jauh harus dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah teknik recovery yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa lelah ekstrim :

Latihan Fisik

1. Setelah melakukan istirahat yang cukup misal 1-2 hari setelah perjalanan jauh, kembalilah bersepeda dengan pemanasan kurang lebih 20 menit dengan kecepatan yang ringan (easy riding). Naikan intensitas 18 atau 19 menit untuk mulai mengatur pernafasan.

2. Rencanakan rute atau jalur yang sesuai untuk recovery, rute flat dan tanjakan-turun yang ringan (sweet spot) sangat cocok untuk proses recovery. Shifting ke chainring besar dan pilih sproket medium (tengah).

3. Cobalah untuk berdiri sesat diatas sadel dan mulailah sprint. Cobalah untuk menghitung pedal stroke, cukup 25 kali pada tiap kali anda sprint. Atur jeda waktu tiap kali anda melakukan sprint, jaga ritme kecepatan anda. 6 kali sprint sudah sangat cukup untuk recovery. Latihan tersebut dapat membatu kita melemaskan otot-otot kaki yang tegang.

4. Setelah 6 kali sprint, luangkan waktu untuk menempuh rute turun yang ringan dan flat cukup 20 hingga 30 menit. Jika anda menggunakan power meter latihan yang anda lakukan diterjemahkan sebagai berikut :

88 t- 94 % adalah Functional Threshold Power (FTP) , 80 to 90 percent of maximal heart rate – upper zone three and lower zone four. Hasil tersebut normatif pada tiap-tiap rider.

5. Bersepeda pada rute ringan (sweet spot) sangat membantu suksesnya proses recovery. Setelah proses recovery usai, usahakan untuk latihan pendinginan dengan easy riding kurang lebih 10 menit.

Ads :

Yuk jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat