Tempat Membeli Sepeda Bekas di Daerah Jakarta Pusat
January 4, 2018
Bersepeda di Jalan Raya itu Seru Sekaligus Mendebarkan
January 4, 2018
Show all

Pengecekan Cakram Rem Sepeda Biar Ngeremnya Lebih Pakem

Pengecekan Cakram Rem Sepeda Biar Ngeremnya Lebih Pakem

Sepeda modern sudah menggunakan disc brake sebuah sistem pengereman dengan lempengan logam untuk daya cengkeram yang lebih kuat. Karena sering digunakan, cakram rem sepeda bisa mengalami aus. Oleh sebab itu agar kinerja disc brake lebih maksimal, anda harus melakukan perawatan. Paling tidak dengan melakukan inspeksi sebelum sepeda digunakan. Cek tingkat kepakemannya, kalau mulai ngelos, sudah saatnya mengganti pelat disc nya atau diservis saja. Berikut ulasan lengkapnya :

1. Letakkan sepeda di bike stand sehingga kedua roda bisa berputar bebas

2. Putar ban dan dengarkan. Cakram seharusnya tidak menyentuh apapun ketika sedang berputar melalui kaliper rem

3. Jika cakram bergesek, periksa cakram adanya kotoran atau sisa-sisa dari pad rem. Gunakan alkohol isopropil atau cairan yang serupa untuk membersihkan permukaan cakram. Menggunakan cairan pembersih yang mengandung minyak atau meninggalkan sisa berminyak dapat mengkontaminasi pad rem dan mengganggu kemampuannya.

4. Perhatikan cakram rem sepeda yang sedang berputar. Cari adanya oleng ketika cakram berputar melalui kaliper.

5. Cek pemasangan sekrup cakram untuk meyakinkan cakram benar-benar terpasang dengan baik ke hub. Sistem yang paling umum adalah menggunakan 6 sekrup. Kebanyakan sekrup cakram menggunakan kepala Torx, soket kepala 12 poin dan dibutuhkan kunci Torx T-25 untuk mengencangkannya.

Jika anda dapatkan ada yang kendor, kencangkan sesuai dengan spesifikasi pabrik (biasanya antara 40 – 60 inci-pound) Gunakan pengunci thread (Blue Loctite) pada threads. Beberapa cakram shimano menggunakan sistem pengunci tengah dengan lockring, serupa dengan lockring kaset. Cakram ini membutuhkan alat kaset untuk mengencangkannya.

6. Jika semuanya sudah kencang, periksa cakram apakah ada kerusakan atau cacat. Sebelum mengganti cakram yang bengkok, coba luruskan dengan alat seperti Park Tool Rotor Truing Fork. Perhatikan oleng di kaliper. Letakkan bagian panjang dari alat ini diatas cakram dan tarik atau tekan .

Jangan terlalu bertenaga. Hanya sedikit tekanan yang dibutuhkan untuk meluruskan cakram rem sepeda. Kadang diperlukan untuk meluruskan cakram di bagian lengan cakram nya, yaitu ketika ada bengkokan yang panjang pada perimeter rotor. Gunakan bagian yang pendek dari alat itu.

Ads :

Yuk jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat