Pengecekan Cakram Rem Sepeda Biar Ngeremnya Lebih Pakem
January 4, 2018
Tips Melibas Turunan Tajam Sehabis Melahap Daerah Pegunungan
January 4, 2018
Show all

Bersepeda di Jalan Raya itu Seru Sekaligus Mendebarkan

Bersepeda di Jalan Raya itu Seru Sekaligus Mendebarkan

Di jalan raya semua kendaraan berseliweran dengan bebasnya. Ada mobil, motor, dan kendaraan berat dengan tonase yang sangat ekstrim. Itu semua seharusnya menjadi pengingat agar ketika bersepeda di jalan raya, anda lebih berhati-hati dan memperhatikan marka jalan. Saat bersepeda rame-rame, anda tak boleh lengah, perhatikan kawanan anda, jangan sampai terpisah. Bersepeda harus dilakukan dengan cara aman baik bagi diri sendiri juga untuk pengguna jalan lainnya.

Berikut Adalah Panduan Aman untuk bersepeda di jalanan besar :

Pastikan Bahwa Semua Peralatan Bersepeda Anda Layak Pakai

Bahkan sebelum Anda berangkat bersepeda di jalan raya, penting untuk memastikan lagi bahwa sepeda Anda laik jalan dan aman. Hal ini menjadi sangat penting bila sepeda Anda termasuk sepeda tua. Beberapa yang perlu Anda periksa adalah kondisi ban, rem tangan dan kaki, serta rantai sepeda. Pastikan semua ini berfungsi dengan baik.

Perhatikan Juga Perlengkapan Bersepeda Anda

Kenakan helm, pakaian dan sepatu yang nyaman dan rompi reflektif atau yang memiliki lampu berkedip. Untuk pakaian, pilih yang berwarna terang, kalau perlu yang menyolok agar terlihat oleh pengendara lain. Bila kondisi hujan, kenakan jas hujan yang tidak mengganggu kendali dan keseimbangan Anda saat bersepeda.

Patuhi Semua Marka Jalan

Misalnya berhenti saat lampu lintas menunjukkan warna merah dan mematuhi tanda dilarang berhenti, berputar di tempat yang telah ditentukan, dan sebagainya.

Perhatikan Arah Arus Lalulintas

Artinya, Anda tidak boleh melawan arus. Seringkali pengemudi kendaraan bermotor tidak memerhatikan para pesepeda yang bersepeda di jalur yang salah atau berlawanan arah. Hal ini bisa berakibat fatal, berisiko kecelakaan.

Lepas Headset Saat Bersepeda

Hindari menggunakan earphone atau perangkat lainnya saat bersepeda di jalan raya. Tidak hanya telinga Anda berfungsi sebagai radar untuk mendeteksi mobil yang mendekati, jenis musik tertentu juga dapat mendorong Anda untuk mengambil risiko berlebihan. Penelitian membuktikan bahwa telinga yang tertutup rapat dapat mengurangi kewaspadaan pesepeda terhadap keadaan di sekelilingnya.

Kecepatan Harus Terkendali

Jika ingin menambah kecepatan sepeda, lakukan dalam batas yang aman, sehingga Anda masihb bisa bereaksi dengan cepat jika menghadapi situasi yang tidak terduga.

Siap dengan Rem

Saat bersepeda di jalan raya tempatkan tangan di atas atau dekat rem sehingga Anda dapat berhenti dengan segera jika perlu. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan lain karena sepeda Anda tidak langsung berhenti bila mengerem dengan menggunakan satu tangan.

Ads :

Yuk jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat