Jenis MTB Apalagi Nih Cross Country Mountain Bike Ini? Yuk Dibaca Dulu
January 3, 2018
Polygon Luncurkan Sepeda Touring
January 3, 2018
Show all

Apa Saya Yang Menjadi Prioritas Merakit Sepeda?

Prioritas Merakit Sepeda

Apa Saya Yang Menjadi Prioritas Merakit Sepeda?

Sepeda ada macamnya, sepeda baru, ada juga sepeda bekas, dan ada sepeda rakitan. Dengan prioritas merakit sepeda, anda akan terbebas dari kesalahan ketika merakit sebuah sepeda. Sepeda hasil rakitan sendiri pastinya memang maknyoss donk karena selain budgetnya pas di kantong, kamu akan merasa sangat banga menaikinya meski untuk keliling-keliling komplek doang. But hey, jangan dulu berpikir yang bukan-bukan, saya tuliskan di sini panduan untuk merakit sebuah sepeda. Cekidott dan semoga berhasil.

  1. Frame. Di sini, pemilihan frame akan menentukan tentang seperti apa sepeda tersebut nantinya akan digunakan. Apakah itu XC (cross country), DJ (dirt jump), AM (all mountain), FR (free ride) atau DH (down hill).
  2. Fork atau Shock. Pemilihan fork yang utama adalah menentkan jarak travel  yang akan dipakai (80-110 xc, 125-145mm AM, 140-165mm aggresive AM, 150-180mm FR, 180-200mm DH). Fork juga menentukan kenyamanan, terutama pada saat melibas jalan-jalan yang kurang bersahabat, sehingga tangan tidak pegel.
  3. Wheelset dan ban. Prioritas merakit sepeda dengan membeli ban, velg, hub harus cocok dengan fork dan framenya dan juga penggunaan sepeda tersebut. Misalnya, untuk XC velg lebar kurang pas digunakan demikian pula sebaliknya.
  4. Crankset  dan casssete. Kedua komponen ini menentukan kenyamanan kita saat mengayuh sepeda. Semakin ringan crankset maka semakin nyaman bagi kita.
  5. Control: meliputi pedal, stem, stang, seatpost dan sadel sebagai piranti anggota badan kita dr tangan, pantat dan kaki mengendalikan sepeda
  6. Brake set: pilihan antara V-brake dan disc-brake kadang juga agak dilematis, karena ada yang bilang kalau masih pake disc-brake yang mekanik mending pake V-brake aja. Kecuali kalo ada dana lebih buat disc brake yang hydrolic.
  7. Grupset jadi prioritas terakhir, sesuaikan dgn kebutuhan , nggak harus beli yg terbaik kan (XTR ato X.0) klo sekedar buat muter2 komplek.

Nah catata dulu yah itu, mudah-mudahan prioritas merakit sepeda di atas bisa mencukupkan budgetmu untuk merakit sepeda. Opsional memang tapi kalau budget terbatas mau apalagi coba? Selain dibikin pas. Betul gak sih?

Ads :

Yuk jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

 

WhatsApp chat