Pengertian Ibadah Haji Tamattu, Pelaksanaan, dan Berbagai Info Lainnya
January 2, 2018
Jenis Rem Sepeda dan Fungsionalitasnya
January 2, 2018
Show all

Persiapan Ibadah Haji dengan Menabung

Rasanya hampir semua umat Islam setuju: berangkat haji bukan cuma perkara niat. Mampu tak mampu, sebisa mungkin, niat yang satu ini dapat dituntaskan. Banyak yang begitu mendamba, sekalipun harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk untuk pergi ke Tanah Suci. Bagi mereka yang mampu, tentu mudah saja. Namun, bagaimana dengan Persiapan Ibadah Haji bagi yang tidak mampu ?

Menabung menjadi salah satu kuncinya. Namun, cara itu pun kerap tak efektif—karena besarnya dana yang harus disiapkan dan dikeluarkan sekaligus. Belum lagi, soal perintilan yang harus dipenuhi, mulai dari biaya pengajian, pakaian dan perlengkapan, dana darurat, biaya oleh-oleh, hingga kemungkinan biaya haji yang terus-menerus naik tiap tahunnya. Tanpa konsistensi, bisa saja biaya untuk mencukupi segala kebutuhan, justru tak kunjung terpenuhi.

Cara lain pun dipilih untuk menyiasati pembayaran biaya haji yang tergolong besar, yaitu dengan tabungan haji. Konsepnya sebetulnya sama seperti mencicil. Anda akan “dipaksa” menyetorkan uang dalam jumlah tertentu, hingga nilainya cukup untuk ongkos naik haji (biasanya ditetapkan dalam jangka waktu tertentu pula). Cara ini sendiri dinilai lebih aman dan tidak memberatkan calon jemaah haji (meskipun memiliki penghasilan yang terbilang pas-pasan).

Ada dua tipe ongkos Persiapan Ibadah Haji yang bisa digunakan—selanjutnya disingkat ONH, yakni ONH Reguler dan ONH Plus. Apa sajakah perbedaannya?

Dari segi biaya, memilih ONH Plus—mengharuskan Anda membayar biaya dua kali lipat lebih mahal ketimbang ONH Reguler. Tentu saja, biaya tersebut berbanding lurus dengan fasilitas-fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan—seperti biaya kebutuhan selama di Tanah Suci (akomodasi dan konsumsi); fasilitas pemondokan yang berjarak lebih dekat (sehingga Anda lebih mudah mencapai lokasi-lokasi penting); masa tunggu dalam ibadah haji (20 hari), dan fasilitas lainnya.

Namun, bila dana Anda terbatas, Persiapan Ibadah Haji tidak mengharuskan anda  untuk memaksakan diri menggunakan ONH Plus. Perhatikan lagi kondisi dan kemampuan keuangan Anda. Toh, dengan ONH Reguler pun Anda tetap bisa menjadi haji yang mabrur, bukan?

Ads :

Yuk umrah dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat