Banyak Hal Tentang Ibadah Haji Ifrad Yang Harus Diketahui
January 2, 2018
Persiapan Ibadah Haji dengan Menabung
January 2, 2018
Show all

Pengertian Ibadah Haji Tamattu, Pelaksanaan, dan Berbagai Info Lainnya

Pengertian Ibadah Haji Tamattu, Pelaksanaan, dan Berbagai Info Lainnya

Ibadah Haji Tamattu pelaksanaannya dilakukan setelah pelaksanaan umrah. Jadi umrah dilaksanakan lebih awal. Orang yang berniat untuk melaksanakan ibadah haji Tamattu’, akan berihram untuk melaksanakan umrah pada bulan-bulan haji (Syawal, Dzul Qa’dah dan 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah).

Tata cara mengerjakan haji Tamattu’:

Setiba di Mekkah, jamaah langsung menyelesaikan umrahnya dengan melaksanakan tawaf dan sa’i.

Setelah itu, jamaah melakukan tahallul dari ihramnya dengan cara mencukur rambut kepalanya.

Jamaah harus tetap dalam keadaan tidak berihram (dalam kondisi halal) hingga datangnya hari Tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Pada hari Tarwiyah (tanggal 8 Dzulhijjah), jamaah kembali berihram untuk melaksanakan haji. Pada Ibadah Haji Tamattu ihram dilaksanakan dua kali.

Yang pertama, dari miqat untuk melaksanakan umrah. Begitu umrah selesai, ihram lagi dari miqat untuk melaksanakan haji.

Pada ibadah haji Tamattu’, jamaah wajib untuk menyembelih hewan kurban (berupa kambing, atau sepertujuh sapi, atau sepertujuh unta) yang dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Jika tidak menyembelih pada tanggal 10 Dzulhijjah, maka kurban dapat dilaksanakan pada hari-hari Tasyriq (tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah).

Jika tidak mampu untuk menyembelih kurban (karena masalah finansial), jamaah dapat menggantinya dengan berpuasa selama 10 hari; dengan ketentuan: 3 hari di antaranya dilakukan di waktu haji. Pada jamaah yang harus berpuasa karena tidak membayar dam, adalah lebih baik untuk melakukan puasa pada 3 hari sebelum tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah) dan 7 hari setelah kembali ke kampung halaman.

Ibadah Haji Tamattu merupakan haji yang paling banyak dipilih oleh para jamaah karena dianggap lebih mudah, yakni setelah selesai tawaf dan sai, langsung melakukan tahallul agar terbebas dari hal-hal yang dilarang selama ihram.

Ads :

Yuk umrah dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat