Persiapan Ibadah Haji dengan Menabung
January 2, 2018
Guys Sudah Tahu Belum Apa Itu Sepeda Downhill Bike? Yuk Baca Review Nya Di Sini
January 3, 2018
Show all

Jenis Rem Sepeda dan Fungsionalitasnya

Tanpa pengereman niscaya sepedamu akan nyelonong terus ke depan bahkan mungkin kamu bisa terkena celaka. So sangat penting untuk mengetahui jenis rem sepeda dengan fungsi-fungsinya. Untuk kamu yang belum tahu harus mengenalnya dengan baik, inilah fakta rem sepeda :

Disc Brake

Rem cakram atau disc brake adalah jenis rem berbentuk lempengan besi yang menempel pada roda yang berputar. Rem ini biasanya digunakan pada sepeda gunung. Keuntungannya adalah dapat melakukan pengereman yang optimal karena permukaannya jauh dari tanah sehingga lumpur yang menempel dapat menahan rem ini lebih sempurna. Kekurangannya adalah lempengan rem cakram cenderung berat dan harganya lebih mahal.

U Brake

U Brake adalah jenis rem pelek yang dipasang pada frame sepeda atau garpu. Umumnya rem ini digunakan untuk sepeda BMX. Cara kerjanya adalah menghentikan laju sepeda melalui karet yang menjepit rim (pelek). Sayangnya, jika digunakan pada medan berlumpur maka karetnya akan menjadi susah menjepit pelek dan terhambat sehingga menjadikan rem cepat aus.

V Brake

V Brake atau dikenal juga sebagai rem Shimano (merk dagang) ini memiliki komponen utama berupa kabel yang menarik lengan momen sepeda secara bersamaan. Jenis rem sepeda ini lebih aman daripada rem Cantilever dan cocok digunakan untuk sepeda gunung.

Cantilever

Rem cantilever adalah jenis rem yang setiap lengannya melekat pada titik poros garpu sehingga disebut juga dual-pivot. Rem ini menarik lengan bersama-sama untuk menekan pelek sehingga cocok digunakan untuk sepeda berbodi lebar seperti sepeda gunung.

Rim Brakes

Rim Brakes disebut juga rem pelek memiliki gaya pengereman yang diterapkan oleh bantalan gesekan dengan pelek roda yang berputar sehingga dapat memperlambat laju sepeda. jenis rem sepeda ini digerakkan oleh pengendara sepeda dengan meremas tuas yang dipasang pada stang sepeda.

Ads :

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Godangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat