Pengertian Thawaf Wada dan Apa Saja Yang Terkait Dengannya
January 1, 2018
Manfaat dari Adanya Larangan dalam Ihram
January 1, 2018
Show all

Hukum Ibadah Umrah, Antara Wajib dan Sunnah

Hukum Ibadah Umrah

Hukum Ibadah Umrah, Antara Wajib dan Sunnah

Dengan berhaji dan berumrah kita telah memantapkan posisi kita di akhirat kelak. Kita telah memenuhi ketentuan Allah dengan bertamu ke rumahnya. Nah, pada bahasan kita kali ini akan dibahas hukum ibadah umrah, yang mana memiliki dua hukum yaitu wajib dan sunnah.

Apa Pendapat Ulama Mengenai Hukum Umrah ?

Pendapat Pertama: Hukum Umrah Sunnah Mu`akkadah

Ulama yang berpendapat seperti ini adalah Ibnu Mas’ud, Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Asy-Syafi’i, Imam Ahmad (menurut salah satu versi pendapat), juga Abu Tsaur dan kalangan mazhab Zaidiyah.

Dalil-dalil Hukum Umrah adalah Sunnah Mu’akkadah

Pendapat para ulama soal hukum ibadah umrah berdasarkan kepada sabda Nabi SAW yang ketika ditanya tentang hukum melaksnakan umroh, apakah ia wajib atau tidak? Beliau mnjawab,” Tidak. Namun jika kalian umroh, maka itu lebih baik.” Juga berdasarkan sabda Nabi SAW:

Haji adalah jihad, sementara umrah hanya tathawwu’.

Alasan lainnya yang dijadikan dalil bahwa ibadah umrah sunnah adalah bahwa umrah merupakan ibadah yang tidak ditentukan waktunya, maka umroh pun tidak wajib sebagaimana halnya thawaf mujarad.

Pendapat Kedua: Umroh Hukumnya Wajib, Terutama bagi Orang-orang yang Diwajibkan Haji.

Pendapat ini dianut oleh Imam Asy-Syafi’i menurut versi yang paling sahih di antara kedua pendapatnya, Imam Ahmad menurut versi lain, Ibnu Hazm, sebagian ulama mazhab Maliki, kalangan mazhab Imamiyyah, Asy-Sya’bi, dan Ats-Tsauri.

Pendapat soal hukum ibadah umrah merupakan pendapat mayoritas ulama dari kalangan sahabat dan lainnya, dan mereka bersepakat bahwa pelaksanaannya hanya satukali seumur hidup sebgaimana halnya ibadah haji.

Ads :

Yuk umrah dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

untuk melihat paket paket kami bisa klik disini

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat