Tips Memilih Sepeda Touring Jarak Jauh
December 28, 2017
Alasan Mengapa Bersepeda Menyehatkan Jantung
December 29, 2017
Show all

Tips Latihan Bersepeda Untuk Pemula

Bersepeda sudah kian populer. Tak ubahnya sebuah trend fashion, kini lebih banyak orang memutuskan untuk mengendarai sepeda ke semua tempat yang dituju. Tapi bagi pemula, mungkin diperlukan tips latihan bersepeda, agar ketika bersepeda anda tidak molor dari segi waktu, ketinggalan dari kawanan, dan yang paling menyedihkan ketinggalan bermil-mil di belakang. Apa sajakah rahasianya agar acara bersepeda anda lancar tanpa hambatan, berikut kami simpulkan tips-tipsnya untuk anda.

Latihan Ketahanan Kardiovaskular
Pesepeda jarak jauh sangat membutuhkan latihan ketahanan kardio karena berkaitan dengan kemampuan menjaga energi dan performa otot selama berjam-jam bersepeda. Beberapa jenis latihan yang dimaksud adalah Long Slow Distance Training, Pace/Tempo Training, Interval Training, Circuit Training, dan Fartlek Training.

Latihan Kekuatan Sprint
Anda pasti sering melihat para atlet sepeda memacu sepeda dengan kecepatan tinggi saat menjelang finish padahal sebelumnya kecepatan mereka sedang. Kemampuan tersebut memerlukan program latihan yang menghentak otot (Explosive exercise) untuk meningkatkan tenaga saat sprint mendadak. Jenis latihan yang disarankan adalah Squat dan Stair running (naik turun tangga).

Karbohidrat Kompleks Dan Minuman Isotonik
Sebelum pertandingan, para atlet sepeda profesional mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang lepas berkala untuk menjaga energi mereka tetap stabil dan menkonsumsi minuman berisotonik saat pertandingan untuk mensuplai cairan tubuh yang hilang akibat banyak berkeringat.

Pastikan Jenis Sepeda Anda Sudah Tepat
Apapun jenis sepeda Anda, tips latihan bersepeda penting untuk kenyamanan dan efisiensi bersepeda. Jika Anda merasakan sakit leher, punggung, lutut, atau mati rasa pada tangan atau kaki, maka bisa jadi sepeda atau komponen sepeda tidak cocok bagi Anda. Memilih sepeda yang tepat dapat meningkatkan efisiensi mengayuh dan aerodinamika sehingga membuat Anda mampu bersepeda lebih cepat.

Jangan Lupakan Peregangan
Bersepeda melibatkan pergerakan berulang yang membutuhkan kelenturan dan keseimbangan otot yang prima. Karena itu peregangan otot sebelum bersepeda sangatlah penting. Pesepeda umumnya mengalami tegang otot hamstrings, hip flexors dan chest jika tidak melakukan peregangan sebelumnya.

Nah itu tadi beberapa tips latihan bersepeda yang bisa diaplikasikan. Jangan lupa untuk selalu melakukannya, dan ingat, safety alwasy comes first, oke!

Ads :

Yuk jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat