Berlatih Mengendarai Sepeda Fixie
December 29, 2017
Keunikan Sepeda BMX Yang Disuka Muda-Mudi Sedunia
December 29, 2017
Show all

Cara Pengereman Yang Benar Ketika Mengendarai Sepeda MTB

Teknik Pengereman Ketika Mengendarai Sepeda MTB

Cara Pengereman Yang Benar Ketika Mengendarai Sepeda MTB

Berpetualang menjelajahi tempat-tempat yang tinggi, khususnya pegunungan bisa menjadi pengalaman yang menantang. Tentu hal ini akan diminati oleh para adrenalin junkie. Meski hanya dengan mengendarai sepeda mtb, kondisi sepeda harus betul-betul oke, terlebih lagi, teknik pengereman yang benar harus dikuasai agar setiap spot yang dilibas bisa dilalui dengan aman tanpa kesulitan. Berikut kami jelaskan di sini cara mengerem yang benar, simak yah.

Posisi Rem

Sebelum banyak menerapkan tips mengerem, langkah yang paling penting adalah penempatan brake lever pada posisi yang benar. Ketika sedang dalam posisi siaga (berdiri di atas sadel, berat badan ke depan, dan dada direndahkan), pastikan pergelangan tangan Anda lurus dengan lengan, jari, dan tuas rem (brake lever). Pastikan tidak ada tekukan pada pergelangan tangan karena secara alami posisinya berada dalam garis lurus.

Gunakan Kedua Rem (Depan & Belakang)

Banyak pesepeda pemula yang terguling ke depan karena menggunakan rem depan saat ber-MTB ria. Dari kasus ini, banyak orang yang menyimpulkan bahwa penggunaan rem depan adalah berbahaya dan bergantunglah hanya pada rem belakang untuk mengontrol laju sepeda.

Ternyata pola pikir tersebut salah. Ketika menghadapi turunan yang secara naluriah membutuhkan pengereman, gaya gravitasi akan menarik pesepeda sehingga lebih banyak kekuatan yang diarahkan ke roda depan. Konsekuensinya adalah rem depan memiliki pengaruh sebesar 70% (sisanya milik rem belakang) untuk pengereman.

Tidak percaya? Mari buktikan sendiri :

Turuni bukit sedikit licin dan berikan 2 buah garis (garis start dan garis pengereman). Pada percobaan pertama, jalankan sepeda dan gunakan hanya rem belakang saat melewati garis pengereman. Tandai dimana akhirnya Anda berhenti. Ulangi langkah tersebut pada percobaan kedua dengan hanya menggunakan rem depan.

Dari percobaan tesebut akan ditemukan fakta bahwa dengan hanya menggunakan rem depan Anda mampu berhenti dalam waktu lebih pendek daripada hanya menggunakan rem belakang. Jika ingin mencoba penggunaan kedua rem secara bersamaan, didapatkan waktu yang lebih cepat daripada hanya menggunakan rem depan.

Inti dari percobaan di atas :

Untuk pengereman yang efektif, gunakan kedua rem (depan & belakang). Karena jika hanya menggunakan rem depan adalah sebuah awal dari bencana. Sedangkan ketika menggunakan keduanya, rem belakang akan menyeimbangkan bagian depan sepeda dan membuat pengereman menjadi lebih aman.

Hindari Skidding

Kesalahan kedua yang sering dilakukan oleh pemula adalah skidding. Kebanyakan dari mereka berpikir bahwa skidding adalah cara terbaik untuk menghentikan laju saat mengendarai sepeda mtb. Hal tersebut ternyata salah karena:

Anda tidak bisa berhenti secepat mungkin

Untuk menghindari skidding, jangan mengunci rem belakang. Rasakan tekanan yang diberikan oleh tuas rem (brake lever) kepada kampas (pad). Dengan latihan, Anda dapat mengontrol seberapa besar pengereman dalam kondisi tertentu.

Rem dengan Satu Jari

Menggunakan lebih dari 1 jari untuk pengereman hanya dibutuhkan pada rem lama (V-Brake, Canti Lever, dll). Penggunaan disc brake terutama rem hidrolis mampu memanjakan Anda dengan hanya menggunakan 1 jari untuk pengereman yang efektif. Tak hanya rem hidrolis, rem mekanis pun kini kebanyakan bisa digunakan secara efektif dengan hanya 1 jari.

Lalu, 1 jari untuk jari apa? Itu terserah Anda. Gunakan 1 jari apapun yang Anda anggap paling efektif untuk pengereman ketika mengendarai sepeda mtb. Ketika sudah terbiasa menggunakan jari tersebut, pastikan posisi ujung lever mudah dijangkau olehnya.

Ads :

Yuk jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

 

Comments are closed.

WhatsApp chat