Menelusuri Jejak Jemaah Haji dan Umrah di Masa Lalu
December 23, 2017
Aplikasikan Etika Bersepeda Agar Selamat Sampai Tujuan
December 28, 2017
Show all

Yuk Merakit Sepeda Touring Bersama Amicale

Yuk Merakit Sepeda Touring Bersama Amicale

 

Bagi sebagian orang, touring adalah candu. Bersepeda jarak jauh dan berhari-hari dilakoni dengan semangat dan motivasi yang tak terhenti. Tak jarang menimbulkan keheranan banyak orang. Mengapa harus susah payah menuju suatu tempat jika sudah banyak alternatif angkutan di masa modern ini?

Jawabannya ada di setiap kayuhan itu sendiri.

Di Indonesia kegiatan ini belum seramai di luar negeri. Semisal di Eropa atau Amerika Serikat. AS memiliki rute touring sepeda legendaris, Trans AM, yang merentang dari ujung timur ke ujung barat negara AS. Begitu pula dengan Eropa yang memiliki rute-rute touring klasik.

Begitu memasyarakatnya touring sepeda membuat di sana sudah diciptakan sepeda khusus untuk jarak jauh. Geometri sepeda dan asesoris pendukung tersedia untuk kebutuhan bersepeda jarak jauh selama berhari-hari. Nah, di Indonesia sepeda khusus seperti itu masih jarang. Alhasil, penyuka touring pun mengakali dengan merakit sepeda sendiri khusus untuk touring.

Beberapa orang yang melakukan touring akhirnya menggunakan sepeda yang ada di pasaran. Bahkan ada yang menggunakan sepeda onthel dengan satu gigi. Sebagian besar menggunakan sepeda gunung (MTB) karena fleksibilitasnya. Mau di jalan mulus masih bisa meski butuh tenaga ekstra untuk mengayuhnya. Sementara di jalan rusak oke-oke saja.

Seiring maraknya touring atau sepeda jarak jauh, sepeda lipat dan bahkan fixie pun digunakan untuk touring. Tentu dari segi fungsi sudah jelas salah kaprah dan menyiksa diri. Sepeda touring memang dikhususkan untuk perjalanan jarak jauh sehingga rancang bangunnya sudah memasukkan faktor kenyamanan. Juga sudah siap untuk membawa barang pribadi.

Apa saja plus minusnya sepeda-sepeda non-touring saat digunakan touring? Dengan pengalaman minim, plus bahan-bahan tambahan dari Internet, tulisan ini mencoba menguraikan beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk touring.

ads : yuk jalan jalan dan menjelajahi tempat tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia .

untuk melihat paket paket kami bisa klik disini 

Comments are closed.

WhatsApp chat