Detak Jantung Saat Bersepeda, Ini Yang Harus Anda Tahu
December 28, 2017
Tips Memilih Sepeda Touring Jarak Jauh
December 28, 2017
Show all

Tips Meredakan Pegal Setelah Bersepeda

Dengan seringnya bersepeda, apalagi ketika bersepeda menghabiskan waktu hingga berjam-jam, mungkin anda merasakan beberapa bagian tubuh anda terasa pegal. Ini lumrah, dan penjelasannya akan kami berikan di sini. Berikut adalah Tips menghilangkan pegal setelah bersepeda, agar anda bisa segera fit kembali dan beraktivitas seperti biasanya :

1. Achilles Tendons Achilles tendons adalah otot (tendon) yang terletak dibagian belakang pergelangan kaki (engkel), menghubungkan otot betis dengan tumit. Jika anda mengalami rasa sakit pada tendon ini, itu biasanya mengindikasikan adanya masalah dengan teknik pedaling. Masalah achilles tendon sering diakibatkan dari “angkling” (pergerakan pergelangan kaki) saat menggenjot pedal.

Hal ini umumnya berhubungan dengan sadel yang terlalu tinggi, yang memaksa Goweser untuk menggunakan ujung jarinya secara eksesif untuk meraih pedal pada posisi terbawah. Bisa juga disebabkan oleh cleat anda di-seting terlalu jauh ke depan atau sebaliknya pedaling dengan ujung kaki. Semakin jauh kontak antara kaki dengan pedal maka semakin besar tekanan yang dialami achilles tendons.

2. Pergelangan kaki (engkel) Sakit pada pergelangan kaki sering diakibatkan karena “angkling” (pergerakan pergelangan kaki) saat pedaling. Pegal setelah bersepeda Bisa juga diakibatkan karena bentuk telapak kaki anda yang datar (flat footed) dimana sepatu orthotic biasanya dapat membantu. Sebab lain adalah karena pedal atau lengan pedal (crank)  yang bengkok menyebabkan kaki berguling-guling maju dan mundur saat pedal berputar.

3. Lutut (Dengkul) Dibandingkan aktifitas aerobik yang lain, bersepeda apabila dilakukan dengan benar adalah aktifitas aerobik yang memberikan tekanan paling kecil kepada lutut. Namun demikian cidera lutut pesepeda sering terjadi, biasanya akibat salah teknik atau kesalahan bike fitting

Kami tak ingin kejadian buruk menghinggapi anda. Pastikan ketika bersepeda, anda melakukannya dengan baik dan cara yang benar untuk menghindari cedera. Untuk menghindari pegal setelah bersepeda silakan manfaatkan 3 tips di atas.

Ads :

Yuk jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

 

Comments are closed.

WhatsApp chat