Tips Warming Up Sebelum Bersepeda Semua Kelas Goweser
December 28, 2017
Tips Meredakan Pegal Setelah Bersepeda
December 28, 2017
Show all

Detak Jantung Saat Bersepeda, Ini Yang Harus Anda Tahu

Tahukah anda bahwa ketika bersepeda dengan kecepatan konstan jantung anda berdetak sebanyak sekian kali dan ketika mengayuh pedal di tanjakan, jumlah detak jantung berbeda pula. Sebagai informasi, masalah detak jantung saat bersepeda harus anda ketahui karena jika terjadi hal tak diinginkan, resikonya begitu besar, menyangkut hidup anda sendiri.

Panduan Detak Jantung Saat Olahraga

Pada saat berolahraga, tidak ada salahnya Anda tetap memerhatikan detak jantung Anda. Di bawah ini adalah panduan mengenai detak jantung berdasarkan usia. Batas atas digunakan untuk target detak jantung saat bersepeda dengan intensitas tinggi. Sedangkan batas bawah adalah target detak jantung untuk setiap olahraga atau aktivitas dengan intensitas menengah.

  • Usia 40 – 45 tahun: 85 hingga 155 detak per menit
  • Usia 50 – 55 tahun: 80 hingga 145 detak per menit
  • Usia 60 – 65 tahun: 75 hingga 135 detak per menit
  • Usia 70 tahun: 75 hingga 130 detak per menit

Selain panduan di atas, Anda juga bisa memperkirakan batas maksimal detak jantung Anda saat olahraga dengan cara sebagai berikut:

220 – (usia Anda) = perkiraan batas maksimal detak jantung saat olahraga.

Perhitungan di atas, hanyalah sebagai perkiraan. Untuk lebih tepatnya, Anda bisa melakukan tes latihan bergradasi (bertahap). Disarankan Anda juga melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Karena pengobatan atau kondisi medis dapat memengaruhi batas maksimal detak jantung seseorang.

Ketika anda berolahraga secara rutin, ketahuilah informasi mengenai detak jantung saat bersepeda di atas sebagai sesuatu yang penting. Berbekal info di atas, anda tahu kapan waktu yang tepat untuk mengurangi gowesan dan kapan waktu yang tepat untuk menambah kekuatan gowesan. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Ads :

Yuk jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat