Tips Berbelanja saat Umrah Agar Lebih Murah
December 22, 2017
Pahala Membaca Al-Quran Setiap Hari. Apa Sajakah Pahalanya?
December 22, 2017
Show all

Membuat Sobyah, Minuman Dingin Menyegarkan Asli dari Saudi Arabia

Membuat Sobyah, Minuman Dingin Menyegarkan Asli dari Saudi Arabia

Ada banyak makanan dan minuman yang lebih populer dihidangkan di Hijaz – wilayah barat laut Arab Saudi – ketika bulan Ramadan tiba. Salah satunya adalah Sobyah. Apa itu?

Sobyah merupakan minuman dingin yang biasanya khusus dibuat di bulan puasa saja. Sebenarnya membuat Sobyah sangat mudah, namun banyak juga penjaja makanan di Hijaz yang menjual minuman tersebut menjelang waktu berbuka.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Sobyah pun cukup sederhana. Anda cuma butuh sereal barley, roti cokelat, kayu manis, gula, kapulaga, dan tentu saja es batu.

Namun pembuatan Sobyah memakan waktu cukup lama. Pasalnya Sobyah sendiri merupakan minuman tradisional yang berusaha untuk tetap dilestarikan sampai sekarang.

Berikut ini resep untuk membuat sobyah :

  1. Rendam roti cokelat dan sereal barley di dalam air selama 24 jam.
  2. Rebus hasil rendaman sampai mendidih kemudian matikan api. Tambahkan kayu manis dan kapulaga. Diamkan lagi selama 24 jam.
  3. Keesokan harinya, gunakan saringan untuk mengambil air dari resep kemarin. Tambahkan gula, simpan di lemari es atau tambahkan es batu, kemudian hidangkan.

Sobyah pun sebaiknya tidak disimpan lebih dari dua hari. Sebab gizi yang terkandung di dalamnya akan hilang dan rasanya juga tidak selezat membuat Sobyah segar.

Ads :

Yuk umrah dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat