Rekomendasi Tempat Bersepeda di Bali Yang Paling Oke
December 21, 2017
Tips Bersepeda di Pagi Hari, Nyaman dan Menyenangkan
December 21, 2017
Show all

Teknik Pengereman Saat Bersepeda, Ini Teknik Paling Benar

Teknik Pengereman Saat Bersepeda, Ini Teknik Paling Benar

Bersepeda memang menyenangkan, akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan menelusuri tebing yang tinggi dan turunan yang berkelok tajam. Tentu saja semua itu memerlukan teknik Pengereman Saat bersepeda dengan cara yang tepat. Berikut kami rangkum cara-caranya untuk anda.

Gunakan minimal dua jari ketika menekan tuas rem. Sementara itu, tiga jari lainnya digunakan untuk mengontrol sepeda saat pengereman dan menjaga kekuatan genggaman.

Hindari menekan rem depan kuat-kuat. Daya pengereman pada rem depan sangat kuat. Jika rem depan ditekan kuat-kuat, roda depan akan mengunci dan membuat Anda terlempar melewati handlebar. Hindari pula menggunakan rem depan ketika menikung dengan kecepatan tinggi, melalui turunan pendek, dan melintasi medan yang bebatuannya lepas.

Cara terbaik Pengereman Saat bersepeda adalah menggunakan rem depan, yaitu dengan menggeser berat badan ke belakang ketika menekan tuas rem. Tujuannya adalah agar tubuh Anda tidak terlempar ke depan.

Apabila rem roda belakang mengunci, yang terjadi sebenarnya sekadar sliding atau selip (skid). Dampaknya tidak sefatal apabila roda depan yang mengunci. Selip hanya berakibat ban menjadi aus dan jika sering terjadi, akan mengurangi daya cengkeram rem. Dampak lain selip adalah akan menyebabkan kerusakan pada jalur atau trek.

Cara terbaik untuk menghentikan laju sepeda adalah menggunakan kombinasi rem depan dan belakang.

Hindari menekan rem terus-menerus ketika melintasi turunan yang panjang. Hal ini akan membuat rem menjadi lebih panas. Hingga akan mengakibatkan rem kehilangan kemampuan untuk menghentikan laju sepeda. Gunakan rem dengan cara “memompa”. Tekan dan lepaskan tuas rem berulang-ulang sepanjang turunan. Cara ini akan membuat rem tetap dalam kondisi dingin dan kecepatan laju sepeda MTB dapat selalu Anda kendalikan.

Pastikan Anda mengenali tuas rem yang mengontrol roda depan. Kebiasaan yang salah dipraktikkan pada sepeda dapat mengakibatkan kejadian hal yang fatal.

Ketahulilah bahwa rem jepit (V-brake) tidak bekerja sebaik rem cakram jika dalam keadaan basah..

Hindari Pengereman Saat bersepeda untuk melewati rintangan. Sebaliknya, percepatlah laju sepeda Anda untuk melaluinya. Akan tetapi, jika rintangan terlalu tinggi, curam, atau lebar, lebih baik Anda menuntun sepeda Anda.

Ketika mempersiapkan aktivitas bersepeda MTB, jangan lupa untuk selalu memeriksa bantalan rem atau kampas (brakepad). Sebisa mungkin bawalah brakepad cadangan.

Ads :

Yuk jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat