Arti Wukuf dan Pahala Berwukuf di Padang Arofah
December 17, 2017
Cara Berwukuf di Padang Arafah
December 17, 2017
Show all

Wukuf di Padang Arofah Serta Waktu Untuk Melaksanakannya

Kapan Seharusnya Wukuf di Padang Arofah ? Sebagian besar ulama sepakat dan tidak ada perbedaan pendapat diantara mereka bahwa waktu pelaksanaan ritual wukuf di padang Arafah ini dimulai sejak tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai dengan terbitnya matahari tanggal 10 Dzulhijjah. Mereka juga sepakat bahwa wukuf itu boleh dilakukan dalam satu bagian dari waktu itu, baik di malam hari, maupun siang hari.

Apabila ingin melakukan wukuf itu pada siang hari saja, maka lebih afdhol dilakukan sampai dengan terbenamnya matahari, dan tidak dikenakan dam/denda apapun bagi yang melakukan Wukuf di Padang Arofah pada malam hari. Bahkan menurut Imam Syafi’i ra disunnahkan memanjangkan waktu wukuf itu sampai dengan malam hari.

Diriwayatkan dari Imam At-Turmudzi dari Sufyan Ats-Tsauri menerangkan bahwa para ulama ahli fikih baik dari kalangan sahabat, maupun ulama lainnya menetapkan bahwa orang yang tidak dapat melakukan Wukuf di Padang Arofah sebelum fajar malam-malam Nahar (malam Hari Raya) tidaklah sah hajinya. Tidak sah juga jika wukuf sesudah fajar. Hal ini juga diperkuat oleh Imam Asy-Syafi’i, Imam Ahmad dan lain-lain.

Ads :

Yuk umrah dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat