Cara Berwukuf di Padang Arafah
December 17, 2017
Tips Membeli Sepeda Bekas Pakai/Second – Amicale Travel
December 18, 2017
Show all

Makna Ihram dan Kesetaraan Manusia di Hadapan Allah SWT

Sebagaimana yang telah diketahui bersama dalam tata cara pelaksanaan ihram bahwa siapapun anda, tidak perduli apa status sosial anda, mulai dari presiden maupun rakyat biasa, bangsawan maupun rakyat jelata, kaya maupun miskin, pintar maupun bodoh, majikan ataupun buruh, semua wajib menggunakan pakaian yang sama, warna yang sama dan cara memakainya pun sama, tidak ada pernak-pernik apapun, putih dan polos.

Dengan Makna Ihram yang sama yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT, para jemaah menanggalkan segala baju dan atribut kebesaran untuk kemudian memakai baju yang sama yaitu baju ihram. Ribuan bahkan jutaan manusia dengan pakaian yang sama berlomba-lomba menuju Ka’bah untuk meraih ridha Allah SWT.

Tidak ada lagi segala macam bentuk status sosial yang membelenggu ego dan hati mereka. Mereka datang sama-sama sebagai hamba Allah SWT dengan tujuan yang sama untuk menjawab seruan Allah SWT dengan penuh ikhlas dan niat yang suci. Sesungguhnya islam telah mengajarkan nilai kesetaraan kepada manusia dihadapan Allah SWT dihadapan Tuhan melalui ihram ini.

Makna Ihram adalah bahwa mereka harus menyingkirkan egoisme, kesombongan, dan ketamakan dari dalam dirinya. Ihram mengandung makna melepaskan dan membebaskan diri dari simbol-simbol material dan atribut-atribut sosial.

Dengan berpakaian ihram, para jemaah mampu menyaksikan manusia sebagai manusia dan melepas embel-embel yang sering menjadi simbol kepalsuan dan kebohongan. Ihram juga bermakna mengosongkan diri dari mentalitas duniawi dan membersihkan diri dari nafsu serakah, kesombongan serta kesewenang-wenangan.

Makna Ihram menyimbolkan kesetaraan di hadapan Allah SWT dan manusia tidak dipandang dari pangkat dan jabatannya, melainkan kadar takwa mereka. Manusia dituntut untuk senantiasa bersikap wajar dan tidak berlebihan dalam hidup ini.

Ads :

Yuk umrah dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat