Bengkel Sepeda Jakarta, Alamat dan No Telpon nya
December 3, 2017
Perbedaan Jenis Haji dan Rinciannya
December 3, 2017
Show all

Deskripsi Larangan Umrah Untuk Laki-Laki

1. Dilarang memakai penutup kepala dan pakaian berjahit bagi pria

Dasar hadist nya aIbnu Umar ra berkata seorang sahabat telah bertanya kepada Nabi SAW,” Wahai utusan Allah, pakaian apa yang boleh dikenakan bagi orang yang berihram?”, Beliau menjawab “ Tidak boleh memakai pakaian, sorban, celana maupun topi dan khuf , kecuali dia tidak memiliki sandal, maka boleh memakai khuf,…” Larangan Umrah Untuk Laki-Laki  lainnya adalah dalam hal auratnya dengan sesama pria, tidak boleh terlihat ketika sedang dalam niat ihram. karena itu juga merupakan salah satu larangan ihram yang harus dipatuhi

2. Dilarang menutup wajah dan kedua telapak tangan nya bagi wanita serta menjaga aurat

Bagi wanita tidak boleh menutup kedua telapak tangan nya dan dilarang menutup wajah nya, namun selain telapak tangan dan wajah para kaum perempuan juga tidak boleh terlihat aurat nya sesama perempuan meski saat sedang wudhu sekalipun, jangan sampai rambut kelihatan. Hal ini adalah kesalahan yang kelihatan sepele yang sering dilanggar oleh wanita ketika ihram.

3. Dilarang Memotong Rambut dan Kuku

Kita dilarang memotong tambut dan kuku, hal ini dilandasi dari alquran yaitu ketika Allah SWT berfirman dalam surat al baqarah ayat 196 yaitu ”..Dan janganlah kamu mencukur rambutmu sebelum binatang hadyu sampai di lokasi penyembelihannya..” Karena itu ketika berwudhu harap diperhatikan jangan sampai ada rambut yang terikut atau gugur di tangan kita ketika kta mengusap kepala, juga jangan sampai mengusap-ngusap rambut karena latah atau mungkin lupa.

4. Dilarang Membunuh Binatang yang Ada di Darat

Di dalam alquran Allah SWT berfirman “ Dan diharamkan atas kamu menangkap binatang buruan darat selama kamu dalam keadaan ihram”. Dikutip dari surat Al Maidah ayat 95. Apabila kita melanggar nya, maka kita harus membayar kafarar ataupun denda yaitu dengan bersedekah kepada fakir miskin seharga binatang yang kita bunuh itu ataupun kita juga bisa memberi makanan kepada fakir miskin kurang lebih sebanyak 5/6 liter ataupun 1 mud untuk satu harinya ( dikutip dari berbagai sumber ).

5. Dilarang Merusak Tumbuhan

Larangan Umrah Untuk Laki-Laki yang berikutnya adalah larangan merusak tanaman dan tumbuhan seperti memetik batang nya mupun daunnya kadang kita suka iseng memetik bunga ataupun daunnya karena latah. Jadi kalau kita sudah tahu kita harus hindari merusak tumbuhan dan tanaman yang ada disekitar, jangan sampai keisengan kita membuat kita melanggar larangan ihram.

6. Dilarang menikah dan menikahkan

Kita tidak boleh menikah dan menikahkan saat ihram, hal ini Didasari dari hadist Utsman dari Usman ra bahwa Nabi pernah bersabda “Orang yang sedang berihram tidak boleh menikahi, tidak boleh dinikahi dan tidak boleh melamar.” ( Sahih: dikutip dari Mukhtashar Muslim nomor 814). Jadi sudah jelas kita tidak boleh melanggarnya.

7. Dilarang bercumbu rayu

Dilarang merayu meskipun kepada istri sendiri ketika kita sedang ber ihram atau anda harus membayar denda atau dam dengan menyembelih seekor unta atau 7 ekor kambing. Lumayan kan denda nya? Jadi hindari bercumbu rayu apalagi sampai berhubungan suami istri, namun bila selesai ihram lara gan itu sudah tidak ada lagi.

8. Dilarang mengucap kata-kata yang tidak baik

Suasana yang panas dan berdesakan kadang bisa membuat hati kita menjadi emosi dan panas sepert panas nya hari, namun disitulah setan coba menggoda kita agar kita berkata-kata yang buruk. Hindarkan lah diri dengan perjataan buruk apalagi memaki dan hindarkan diri dari kerumunan yang suka dengan candaan tidak perlu apalagi sampai berghibah alias membicarakan orang lain, perbanyak saja istighfar dan berzikir dalam hati.

9. Dilarang Menggunakan Minyak Wangi

Larangan Umrah Untuk Laki-Laki selanjutnya adalah untuk menghindari menggunakan segala macam wangi-wangian seperti parfum, bahkan ada yang mengatakan kita jangan menyentuh ka’bah ataupun maqom ibrahim. Karena kain kabah itu sangat wangi, sehingga bisa mengenai kita ketika kita menyentuhnya. Namun itu sebagian pendapat yang mengatakan seperti itu, ada juga pendapat yang berbeda. Adapun lebih jelasnya mengenai wewangian seperti apa yang mungkin bisa membatalkan ihram kita, ada baiknya ditanyakan langsung pada para ulama yang pastinya lebih paham.

10. Dilarang Bertengkar Apalagi sampai Berkelahi

Kita harus menghindari pertikaian dan perdebatan, karena begitu banyak mazhab di mekkah, ditakutkan ini bisa memicu perdebatan antara sesama jamaah siapa yang benar dan salah, jadi sebaiknya kitta hindarkan diri dari hal yang tidak berguna. Seperti yang dijelaskan di Al Baqarah ayat 197 “, Musim haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.

Demikianlah 10 Larangan Umrah Untuk Laki-Laki yang dilarang dilakukan pada saat mengerjakan ihram dalam ibadah haji maupun umroh. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan bisa menjadikan umroh anda sesuai dengan syariat islam. Bila berkenan silahkan share tulisan ini melalui tombol social media yang ada di abawah. Terimakasih

Catatan
Adapun saya bukan ustad maupun ulama, jadi hadits yang tertera diatas saya kutip dari berbagai sumber dan berdasarkan pengalaman pribadi saya, kalau ada kekurangan mohon bisa dikoreksi untuk menghindarkan kesalah pahaman dalam informasi.

Ads :

Yuk umrah dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

Comments are closed.

WhatsApp chat