Baca Dulu Larangan Umrah Berikut Ini, Sebelum Pergi Ke Tanah Suci
November 26, 2017
Bersyukurlah Karena Pahala Umrah Begitu Besar
November 26, 2017
Show all

Baca Dulu Ini Untuk Melakukan Ibadah Umrah Sendiri

masjidilharam-3

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di berbagai belahan dunia, tak ketinggalan di Indonesia. Bersamaan dengan waktu menunaikan ibadah puasa ini, sebagian orang juga Melakukan Ibadah Umrah. Ada yang ingin merasakan indahnya pengalaman berbuka bersama di Masjidil Haram, ada yang ingin menginginkan pahala setara dengan pahala ibadah haji.

Jika Anda termasuk yang menginginkan hal tersebut dan sudah mempersiapkan biaya untuk umrah di luar dana darurat Anda, ada baiknya juga untuk mempertimbangkan beberapa hal yang nampak sepele tapi bisa menyusahkan saat di kemudian hari.

Cek kesehatan dan kondisi finansial sebelum Melakukan Ibadah Umrah

Dengan jumlah jamaah yang berkali-kali lipat saat bulan Ramadhan, bisa dipastikan Anda akan menjumpai kepadatan di lokasi umrah. Untuk amannya, lakukan pemeriksaan kesehatan untuk melihat apakah Anda akan mampu untuk berjalan jauh dan berhimpitan dengan jutaan orang dalam cuaca yang sangat panas. Arab Saudi beriklim gurun dan memiliki tingkat kelembaban tinggi, dengan rata-rata suhu harian mencapai 40° Celcius sepanjang pertengahan April hingga Oktober. Berdasarkan kondisi kesehatan dan usia, calon jamaah juga diwajibkan melakukan beberapa vaksinasi.

Selain fisik, Anda juga perlu memperhitungkan persiapan logistik secara tepat, termasuk pakaian yang akan dibawa. Siapkan anggaran untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan nanti, seperti baju dan mukena.

“Sebaiknya bawa baju model syar’i model polos sehingga bisa digunakan sekaligus sebagai mukena,” kata Mesya Sahada, 22, mahasiswi tingkat akhir yang menunaikan umrah tahun lalu. Menurutnya, pemakaian baju model syar’i akan menghemat jumlah baju yang dibawa. Selain itu, Mesya juga menyarankan untuk membawa pelembap bibir dan sepatu flat dengan bahan yang tipis dan nyaman.

Evaluasi tujuan umrah

Anda perlu memastikan tujuan Melakukan Ibadah Umrah : apakah murni ingin beribadah atau sekaligus bertamasya? Lama perjalanan umrah reguler ialah sembilan hari, sedangkan umrah plus tamasya sekitar 12-16 hari. Beberapa agen pengelola umrah menyediakan paket tambahan berupa jalan-jalan ke Turki, Mesir, atau beberapa negara Eropa. Tamasya ini biasanya dilakukan setelah agenda umrah berakhir dan harga paketnya bisa mencapai 2.200- 3.500 dolar AS.

Meski Anda mampu merogoh kocek lebih untuk paket ekstra ini, Anda perlu membandingkan harga antara paket umrah ekstra dan paket liburan biasa yang dijual oleh agen perjalanan. Jika Anda memutuskan untuk mengambil paket tesebut, persiapkan juga tambahan anggaran untuk uang saku dan jenis pakaian yang dibawa –misalnya Anda perlu membawa pakaian musim dingin jika ternyata negara yang akan disinggahi berada dalam musim tersebut.

Teliti memilih biro perjalanan haji

Perjalanan Melakukan Ibadah Umrah yang berlangsung sepanjang tahun tak pernah lepas dari keberadaan kasus penipuan biro perjalanan haji di berbagai wilayah di Indonesia. Langkah pertama yang harus Anda lakukan supaya terhindar dari penipuan adalah memastikan apakah agen travel yang akan Anda pilih memiliki izin penyelenggaraan haji dari Kementerian Agama RI. Ringkasnya, Anda bisa mengecek nama biro travel pada situs Kementerian Agama RI (Kemenag RI).

Selanjutnya, waspadai ketentuan uang muka yang terlalu rendah dan pastikan waktu keberangkatan Melakukan Ibadah Umrah kepada biro travel. Menurut Kemenag RI, standar minimal biaya umrah adalah 1.700 dolar AS. Luangkan waktu untuk melihat bangunan fisik biro travel, terutama bila Anda mengandalkan promo biro-biro travel yang mudah ditemui di situs online. Sebelum menetapkan pilihan dan melakukan pembayaran paket, jangan ragu untuk menanyakan berbagai hal penting seperti fasilitas hotel, transportasi, jadwal manasik, dan lain-lain.

Biaya Melakukan Ibadah Umrah dibayarkan ke biro perjalanan umrah tidak termasuk biaya visa umrah yang berkisar Rp 700.000-Rp 1.100.000, pajak bandara, biaya suntik vaksin maningitis ( meningococcal meningitis) sekitar Rp 400.000, serta pengeluaran pribadi seperti SIM card lokal di Jeddah, biaya laundry, kelebihan bagasi, atau oleh-oleh untuk sanak keluarga dan teman-teman. Jika Anda meninggalkan anak dan tanggungan lain di Indonesia, ada baiknya lunasi tagihan bulanan di muka dan tinggalkan anggaran untuk kebutuhan sehari-hari selama Anda pergi.

Ads :

Yuk umroh dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat