Gowes Sepedamu di Bukit Kintamani, Petualangan Spektakuler Bro
November 19, 2017
Posisi Bersepeda Ini Adalah Paling Nyaman Sekaligus Paling Ideal
November 19, 2017
Show all

Asian Games Sebagai Event Sepeda Tahun 2018 dan Strategi Pemenangannya

balap sepeda

Tambahan nomor Event Sepeda yang diperoleh oleh cabang balap sepeda di Asian Games 2018 dari 16 menjadi 24 nomor event membuat PB ISSI langsung membuat strategi pemenangan. Ada disiplin yang akan disiapkan untuk mengikuti pelatihan di luar negeri dan ada juga yang akan memanggil pelatih asing.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 10 Oktober 2017. Menurut dia, saat ini pihaknya masih menunggu program lanjutan dari Satlak Prima. Tapi pihaknya mengaku sudah mulai fokus untuk pemenangan di Asian Games nanti.

“Kami dapat tambahan nomor Event Sepeda (pertandingan) terutama di down hill. Jadi ada 22 nomor olimpik plus dua nomor down hill. Untuk atas lawan-lawan di Asian Games nanti, ada strategi yang kami ambil. Dari SEA Games, kita sudah mulai bisa baca kekuatan lawan. Singapura fokus di omnium, Malaysia di nomor spinter. Jadi kita harus cari nomor-nomor baru yang berpeluang,” katanya.

Salah satu langkah yang diambil untuk bisa menentukan nomor andalan Indonesia, adalah dengan mulai memfokuskan persiapan. Untuk nomor trek, misalnya, mulai kemarin, para atletnya akan bertolak ke India untuk menjalani uji coba.

Mereka yang ikut merupakan kandidat pebalap yang akan dipilih untuk masuk “camp” di Belanda pada November mendatang.

Mereka yang terpilih nantinya akan menjalani test juga dengan ‘watt bike’. Mereka yang sesuai standar akan dipilih. Total ada 6 atlet dan 2 pelatih yang rencananya akan melakukan Event Sepeda ke Belanda.

“Tapi untuk komposisi ke Belanda itu belum fix, masih akan dibicarakan. Tapi tetap kita melihat potensi nomor-nomor yang berpeluang medali. Kita harus fokus di nomor itu saja. Kalau kalkulasinya tepat, kita bisa dapat medali,” ungkapnya.

Lalu, di untuk disiplin BMX. Dimana pada disiplin ini ada nomor olimpic games yang belum dimiliki oleh Indonesia, yakni BMX freestyle. Maka sesegera mungkin pihaknya akan melakukan pengrekrutan dan berlatih selama satu tahun dibawah pelatih asing. Begitu juga di nomor road, ISSI juga akan mendatangkan pelatih asal Belanda, Carolien van Herrikhuyzen.

Adapun Event Sepeda menjadi salah satu cabor yang masuk dalam prioritas Satlak Prima, selain beberapa cabor lainnya. Untuk periode SK (Surat Keputusan) Prima 1 Oktober hingga akhir Desember 2017 ini setidaknya ada 80-100 atlet elite yang mendapatkan keistimewaan. Mereka akan mendapatkan prioritas untuk menjalani TC ke luar negeri selama 45 hari. Mulai dari November hingga pertenghan Desember tahun ini.

Negara tujuan dari masing-masing cabor, menurut Ketua Satlak Prima Achamd Sutjipto tergantung dari pengajuan PB. Saat ini, menurut dia, yang sudah masuk mengajukan proposal adalah renang dan loncat indah yang meminta TC di Perth, Australia.

Lalu balap dan dayung yang ke Belanda. Atletik ke Kenya untuk nomor marathon. Sementara untuk nomor jalan cepat di Spanyol dan sapta lomba di Gold Coast, Australia.

Namun dia menuturkan, ada juga yang mengajukan mendatangkan pelatih asing, seperti Event Sepeda. “Saat ini total atlet yang masuk dalam SK Prima periode 1 Oktober hingga Desember 2017 sendiri ada 271 atlet elite dan 23 pelapis,” katanya.

Ads :

Yuk jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat