Pilih Ukuran Sepeda Balap Yang Tepat Sesuai Budget
November 17, 2017
Di Sini Anda Bisa Menikmati Wisata Sepeda Borobudur Dengan Leluasa
November 17, 2017
Show all

Sebelum Merakit, Cari Tahu Dulu Spesifikasi Sepeda Gunung

sepeda gunung

MTB atau Sepeda Gunung

Spesifikasi Sepeda Gunung ini mirip dengan SUV di dunia permobilan. Tangguh untuk melewati jalan berkeriting atau berlubang di sana-sini. Meski ada yang bilang tidak cocok untuk dijadikan sepeda toruing, namun harus diingat bahwa esensi touring adalah kesenangan, olahraga, dan pengalaman. Tak ada hal khusus soal tunggangan.

Akan tetapi, kesenangan bisa ternodai oleh ketidaknyamanan tunggangan. Oleh karena itu, beberapa tambahan atau perubahan bisa dilakukan demi memperoleh rasa touring di sepeda gunung.

Rak.

Hampir semua MTB tidak dilengkapi dengan rak. Karakter sepeda gunung memang minimalis untuk memperoleh bobot yang minimal sehingga efisiensi kayuhan tercapai. Oleh karena itu rak tidak dipasang.Jika sepeda gunung ini mau dipakai untuk touring, kebutuhan akan rak mutlak.Memang ada yang menggunakan ransel punggung, namun hal ini tidak disarankan. Sangat tidak bagus buat punggung Anda sebab memberi beban pada punggung dalam jangka lama rentan cedera. Jika punggung sudah cedera maka acara touringbisa batal.

Spesifikasi Sepeda Gunung dengan Beban di punggung juga membuat gerakan mengayuh menjadi terganggu, terutama untuk melakukan manuver.

Untuk keseimbangan, lebih bagus jika memasang rak depan dan belakang. Namun jika dana terbatas bisa saja memasang rak belakang terdahulu.

Jangan lupa membeli pannier untuk membawa barang-barang selama touring. Pasanglah pannier di kiri dan kanan serta kantung antiair di atasnya. Dalam memilih rak pertimbangkan apakah rem yang Anda gunakan jenis cakram atau bukan.Untuk rak depan di Indonesia jarang ditemui sehingga harus dilakukan modifikasi. Jika masih membutuhkan kompartemen bisa dipertimbangkan pannier yang dipasang di setang. Hanya saja daya angkutnya terbatas dan tidak bisa menahan beban yang terlalu berat.

Setang/handlebar

Hal paling mendasar yang membedakan antara sepeda touring dengan Spesifikasi Sepeda Gunung adalah posisi penggowes. Sepeda gunung dirancang untuk posisi yang lebih banyak berdiri sedangkan sepeda touring perkawinan antara sepeda gunung dan sepeda jalan raya. Setang sepeda gunung yang lurus memang tidak banyak memberikan alternatif posisi saat berkendara.Saat touring yang membutuhkan waktu berjam-jam di atas sepeda, posisi monoton bisa menimbulkan kelelahan pada punggung dan dengkul. Jika Anda memiliki permasalahan dengan punggung, maka mengganti setang sepeda gunung adalah wajib. Jika belum ada dana untuk mengganti setang, cobalah dengan memasang tanduk setang (end bar) agar memiliki variasi memegang setang.

Ada tiga alternatif setang untuk touring ini: drop down (setang model balap), bull-horn (setang model fixie), atau butterfly. Masing-masing orang memiliki kesukaan masing-masing. Ada yang suka drop-down karena ingin merasakan sensasi membalap saat jalanan mulus dan lengang. Ada yang ngebet model kupu-kupu karena memberikan banyak tempat untuk menaruh gadget atau peralatan pemandu. Sedangkan yang suka minimalis bisa memilih setang tanduk.

Ban

Karena medan pegunungan tidak rata dan cenderung kasar, Spesifikasi Sepeda Gunung pada ban diciptakan berbentuk pacul dan keras. Nah, touring yang lebih banyak melaju di atas jalan raya justru membutuhkan ban gundul atau slickagar gesekan ban dengan jalan berkurang. Otomatis kayuhan menjadi enteng dan menghemat tenaga.Sayangnya, jalan raya di Indonesia tidak selamanya mulus. Penggunaan ban gundul dengan tapak kecil kadang bisa menimbulkan masalah. Saat terperosok di lubang yang agak dalam ban bisa bocor. Maka gunakan ban gundul dengan lebar tapak yang medium.

Spion

Dengan harga terbilang murah, anda tak bisa mengabaikan fungsinya. Sepele, tapi tak bisa disepelekan fungsinya. Sangat berguna saat mau belok ke kanan atau menyalip angkutan kota yang berhenti seenaknya. Di Indonesia memang belum banyak spion model ini meski beberapa sudah menjualnya.Bermacam-macam bentuk spion: untuk setang tanduk (kiri), setang lurus (tengah) dan setang balap (kanan).

Spesifikasi Sepeda Gunung dengan spion yang dicantolkan ke setang ini adalah kokoh, memiliki bidang pandang yang lebar, dan mudah diatur. Namun saat parkir atau tersenggol spion ini bisa berubah posisi. Juga butuh dicek setelah beberapa bulan dipakai agar pengaitnya tetap kuat. Dalam beberapa kasus membuat lebar sepeda bertambah.

Selain spion untuk setang, ada lagi jenis spion yang dipasang di helm atau kaca mata. Tentu saja cerminnya tidak besar namun cukup membantu untuk melihat objek di belakang. Spion ini memiliki kelemahan dalam hal bidang pandang dan pemasangan yang agak ribet. Karena menempel di kaca mata atau helm, maka Anda harus memakai kaca mata atau helm jika ingin menggunakan spion.

Gear/gir

Gear dan penggunaannya sangat dipengaruhi oleh medan atau track yang nanti dilalui. Sepeda gunung dirancang untuk menaklukkan medan yang ekstrem dan tidak rata. Oleh karena itu digunakan pasangan gir yang kecil di depan dan besar di belakang. Paduan kedua hal ini memberi anda kayuhan ringan agar medan berat sekalipun mudah ditaklukkan.

Beda halnya dengan touring yang pada umumnya dilakukan onroad. Kalaupun Spesifikasi Sepeda Gunung lebih ke arah jalan rusak. Oleh karena itu, agar tenaga efisien maka lebih baik kombinasi gir diubah. Yang umum orang menggunakan kombinasi 48-36-24 atau 46-34-22 dengan kaset 12 – 32 atau 11 – 30. Kini bahkan ada kaset yang lebih besar, 34, untuk medan yang penuh tanjakan.

Sadel

Sadel sangat penting dalam sepeda touring karena di sinilah berat badan bertumpu. Meskipun semua setelan sudah cocok, tapi kalau sadelnya kurang pas kayuhan pun menjadi tak maksimal. Untuk itu diperlukan sadel yang pas buat pe-touring.Bagaimana mencari sadel yang pas?Pada intinya sadel harus bisa menopang tulang pantat dengan maksimal sehingga pantat tidak sakit. Nah, beberapa toko sepeda memiliki alat untuk mengukur berapa ukuran sadel pada Spesifikasi Sepeda Gunung yang Anda butuhkan. Jika memiliki dana berlebih bisa coba sadel merek Brooks yang sudah dikenal kenyamanan dan ketangguhannya. Sadel ini akan mencetak pantat Anda sehingga pas. Memang, untuk sampai tahap pas di pantat ini butuh jarak yang lama.

Spakbor/fender

Saat melakukan touring, bukan tak mungkin perjalanan anda terhadang oleh hujan. Kalau tak ada keketatan dalam jadwal sebetulnya anda boleh saja berteduh. Namun kalau rencana sudah tersusun dengan ketat dan meleset sedikit bisa mengacaukan semua, mau tak mau hujan harus “dilawan”. Nah, salah satu senjata untuk melawan hujan adalah spakbor atau fender ini. Alat ini berfungsi melindungi batang sepeda dan komponen FD dari cipratan air hujan yang membawa lumpur. Juga mata dari cipratan air hujan yang terlontar saat roda berputar.

Tapi kalau hujan sudah kepalang turun, anda akan tetap saja memerlukan spakbor, meski hujan sudah reda karena biasanya jalanan jadi becek dan genangan air ada di banyak tempat. Ini malah lebih menyusahkan sebab cipratan itu akan menetap sebab tidak terguyur oleh air hujan dari atas. Jadi, menerobos hujan atau tidak spakbor tetap dibutuhkan.

Yang jadi masalah secara umum Spesifikasi Sepeda Gunung tidak untuk dipasangi spakbor. Fork misalnya, tidak ada lubang baut untuk memasang pemegang spakbor. Alhasil, di pasaran muncul spakbor minimalis yang hanya bertumpu pada satu titik. Yang depan dikaitkan ke fork (dan belum tentu semua fork ada lubang untuk baut fender ini sehingga jika tidak ada terpaksa hanya bisa memasang pelindung lumpur di rangka). Sementara yang belakang dikaitkan ke tiang sadel (seat post). Sekadar menghindari cipratan air ke mata dan punggung.

Pelek/rim

Bukan persoalan yang penting tapi bisa saja menimbulkan masalah. Pelek berkaitan dengan beban yang kita angkut. Pelek dengan lubang 36 buah lebih bagus berkaitan dengan kekuatan angkut beban.

Lampu

Terkadang jadwal yang sudah disusun meleset di lapangan. Bisa jadi karna ada masalah atau keasyikan menikmati pemandangan. Tahu-tahu sore sudah menjelang dan penginapan masih jauh. Berhenti tidak mungkin karna jauh dari pemukiman. Alhasil, mengayuh di kegelapan harus dijalani.

Di sinilah pentingnya lampu. Di kegelapan, Spesifikasi Sepeda Gunung dengan lampu begitu berarti. Sebanyak mungkin pasang lampu di depan dan belakang. Untuk depan minimal dua lampu: satu menyala terus untuk melihat jalan di depan dan satunya berkedip-kedip untuk menarik perhatian kendaraan dari arah depan. Sedangkan yang belakang pasang lampu berkedap-kedip untuk menarik perhatian kendaraan dari belakang.

Ads :

Yuk jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat