Sejarah Sepeda Fixie dan Harganya Yang Mahal
November 15, 2017
Indonesia Segera Memiliki Lapangan Balap Sepeda Berstandar Dunia
November 16, 2017
Show all

Yuk Baca Dulu Pengertian Olahraga Balap Sepeda

balap sepeda

Event Balap Sepeda di Indonesia dan Sejarahnya

Seiring dengan berkembangnya sepeda di Indonesia pada jaman pemerintahan Belanda, sepeda terus berkembang hingga Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Pada tahun 1958 bangsa Indonesia menyelenggarakan balapan sepeda pertama kalinya dengan gelaran bertajuk “Tour de Java 1”.

Gelaran balapan sepeda ini merupakan event pertama di Asia, pada saat itu Ir. Soekarno turut meresmikan gelaran ajang balapan sepeda ini.

Pada jaman pemerintahan Belanda sudah mulai terbentuk grup – grup bersepeda seperti di Semarang, Jakarta, Surabaya, Bandung, dan kota – kota lainnya. Hingga berkembang pada jaman kemerdekaan, alhasil berhasil digelar event internasional pertama kali dalam sejarah bangsa Asia yakni balapan sepeda “Tour de Java 1”.

Pengertian Olahraga Balap Sepeda melalui gelaran Tour de Java 1 ini jarak yang ditempuh para peserta lomba adalah bersepeda dari Kota Kembang Bandung hingga finish di Kota Pahlawan Surabaya.

Waktu itu event balap sepeda yang lumayan hebat ini tidak hanya dimeriahkan oleh peserta dari indonesia saja, melainkan juga dari bangsa-bangsa yang diundang seperti Malaysia, Mesir, dan India karena event balap sepeda ini merupakan event internasional.

Balap Sepeda di Indonesia & Perkembangannya

Seiring dengan perkembangan jaman di Indonesia dan juga dunia. Balap sepeda mulai diperkenalkan dan diikutsertakan dalam gelaran event internasional seperti Sea Games, Asian Games, bahkan Olimpiade.

Ini menjadi bukti bahwa olahraga balap sepeda mendapat pengakuan dunia internasional sebagai cabang olahraga dengan manfaat dan tempat yang hebat dalam diri semua penggemarnya.

Prestasi bangsa indonesia dalam gelaran sepeda akbar dalam asian games, sea games, hingga olimpiade terhitung membanggakan.Beberapa atlet Indonesia berhasil menyumbangkan medali di nomor cabang olahraga balap sepeda ini.

Gelaran akbar seperti “Tour de Java 1” di masa lalu, mulai berubah nama dan konsep menjadi “Tour de Indonesia” pada perkembangannya. Gelaran “Tour de Indonesia” selalu diadakan setiap satu tahun sekali dengan rute berbeda – beda.

Peserta dari “Tour de Indonesia” juga mulai berkembang tidak hanya itu – itu saja, melainkan melalui Pengertian Olahraga Balap Sepeda selalu ada peserta baru di setiap gelaran ajang ini.

Namun meski ada gelaran event internasional setahun sekali, upaya pembibitan dan pendidikan atlet sepeda secara berjenjang umur belum pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia, dalam hal ini KONI sebagai pemegang estafet seluruh cabang olahraga di Indonesia.

Di gelaran Sea Games maupun Asian Games Indonesia bisa dibilang memiliki catatan bagus, namun minimnya kegiatan balapan sepeda secara lokal dan juga berjenjang umur mungkin menjadi kendala tersendiri dalam perkembangan balapan sepeda di Indonesia.

Minimnya minat bagi generasi muda pada saat sekarang mungkin menjadi faktor penting yang wajib menjadi catatan bagi para pihak. Padahal jika melihat catatan manis di gelaran event internasional, Indonesia memiliki sejarah menjadi juara dalam gelaran event tersebut.

Jika ada gelaran event yang lebih, tentu prestasi Indonesia di cabang olahraga ini mungkin mampu berbicara lebih lama. Pembibitan tunas muda yang terpenting disini.

Gelaran “Tour de Indonesia” sebagai Pengertian Olahraga Balap Sepeda dalam kurun terakhir juga kalah gemerlap jika dibandingkan dengan gelaran event internasional milik negara tetangga Malaysia yakni “Tour de Langkawi” yang jauh lebih prestise dan berkelas. Konsep serta hadiah yang ditawarkan “Tour de Langkawi” juga lebih menarik dan lebih ada greget.

Sudah selayaknya pemerintah Indonesia memperhatikan dan membuat event lokal maupun event internasional secara lebih profesional dan berkelas, sehingga banyak menarik minat atlet sepeda top dari lokal maupun manca negara secara lebih prestise dan lebih menarik.

Bersepeda pada Jaman Sekarang

Pengertian Olahraga Balap Sepeda semakin jelas ketika olahraga sepeda pada saat sekarang diperbanyak melalui aktivitas pada Car Free Day di kota – kota di Indonesia.

Gelaran Car Free Day memfasilitasi masyarakat yang ingin berolahraga sepeda dengan menutup akses jalan yang biasanya ramai lalu lalang kendaraan mulai motor dan mobil hingga bus bahkan truk, dalam sehari itu lalu lintas hanya diperbolehkan dihuni oleh para orang yang bersepeda.

Hal ini dilakukan atas dasar kampanye lingkungan yang marak digencarkan di belahan penjuru nusantara.

Namun maraknya Car Free Day, belum diimbangi dengan Pengertian Olahraga Balap Sepeda yang mana ditujukan sebagai ajang pembibitan atlet sepeda yang nantinya bisa mewakili Indonesia di tingkat internasional.

Ads :

Pahamilah pengertian olahraga balap sepeda dan jelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat