Yuk Baca Dulu Pengertian Olahraga Balap Sepeda
November 16, 2017
Selalu Fit dengan Sepeda Olahraga
November 16, 2017
Show all

Indonesia Segera Memiliki Lapangan Balap Sepeda Berstandar Dunia

velodrome

Tidak lama lagi Jakarta akan memiliki Lapangan Balap Sepeda berstandar dunia melalui pembangunan Jakarta Internasional Velodrome atau arena balap sepeda.

Pembangunan Lapangan Balap Sepeda yang terletak di Gelanggang Olahraga (GOR) Rawamangun, Jakarta Timur itu terus dikebut agar bisa digunakan sebagai salah satu venue dalam perhelatan SEA Games tahun depan.

Bangunan megah itu sendiri telah dirancang untuk memenuhi standar kualifikasi Union Cycliste Interntionale (UCI).

Menempati lahan seluas 6 hektare, Lapangan Balap Sepeda dibuat layaknya gelanggang olah raga modern bertaraf dunia dengan kapasitas 3.000 kursi, yang terdiri dari 2.000 kursi tetap dan 1.000 kursi cadangan.

Kompleks velodrome akan dibuat dengan atap berbahan khusus berikut track sepeda sepanjang 250 meter dan lebar 5,5 meter menggunakan kayu yang diimpor khusus dari Siberia.

Operasional Lapangan Balap Sepeda beserta fasilitas penunjang di dalamnya akan dikendalikan melalui sistem berjaringan yang terkomputerisasi. Mulai dari sistem parkir, tiketing, kamera CCTV, rambu penunjuk arah, papan skor, sistem akses masuk bagi atlet, official, dan pengunjung, perlengkapan sound system hingga pengedalian musibah kebakaran.

Velodrome juga menyediakan area-area khusus untuk media di lantai 1 dan 2. Ruang pemain dan official akan terletak di lantai 1, kursi penonton untuk kelas VVIP dan VIP di lantai 2, sementara lantai 5 berfungsi sebagai control room. Akses Wifi juga disediakan di setiap lantai.

Pembangunan Lapangan Balap Sepeda ini sendiri ditargetkan selesai pada Juni 2018 sebelum SEA Games dimulai, pada Agustus 2018. Pembuatan area balap sepeda secara khusus dikerjakan oleh kontraktor asal Inggris yakni ES Global. Perusahaan tersebut memang dikenal sebagai pembuat arena balap sepeda.

Kendati velodrome ini mencontek desain yang ada di Inggris, namun Gubernur Basuki tak ingin kehilangan identitas kultur lokal. Dalam desain bangunan nantinya akan diberikan sentuhan budaya lokal. Berbagai ornamen betawi pun akan dipasang di bagian depan velodrome.

Proyek pembangunan Jakarta Internasional Velodrome Rawamangun diperkirakan menelan biaya sekitar US$ 40 juta. Biaya ini akan diambil dari kantong pribadi kontraktor (Jakpro). Pemerintah DKI Jakarta kemudian akan membeli velodrome tersebut jika sudah dalam kondisi jadi sepenuhnya.

Agar proyek ini tak menjadi mubazir, pasca-SEA Games, Ahok pun akan memfungsikan area Lapangan Balap Sepeda ini sebagai area olahraga lain seperti lapangan voli, basket hingga area pameran.

Ads :

Yuk berolahraga di Lapangan Balap Sepeda dan jelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat