Apa Yang Bisa Kita Peroleh Dari Hobi Menjadi Goweser Sepeda
November 14, 2017
Jangan Takut, Lomba Balap Sepeda Tour de Prambanan Bakal Digelar Lagi Tahun Depan
November 15, 2017
Show all

Teknik Mengambil dan Menghela Nafas Saat Bersepeda

Bersepeda Menanjak

Mengatur nafas saat mengayuh di tanjakan

Mengambil dan Menghela Nafas Saat Bersepeda di tanjakan atau biasa disebut uphill cycling merupakan petualangan seru bagi anda pecinta gowes. Apalagi didukung dengan sepeda gunung yang mumpuni. Namun apakah sobat tau, dalam bersepeda apabila menemukan jalan menanjak memerlukan teknik khusus dan tidak asal-asalan. Salah-salah bila hanya asal-asalan tidak bisa menahan diri, anda bisa muntah ditengah jalan.

Bersepeda menaiki jalan menanjak di area pegunungan dengan sepeda gunung merupakan tantangan tersendiri bagi para goweser. Banyak teknik yang digunakan untuk melakukan petualangan bersepeda ini. Bila anda masih pemula, maka lakukanlah dengan hati-hati dan cari tanjakan yang ringan dulu kemudian disusul dengan tanjakan yang lebih berat lagi.

Beberapa teknik dalam Mengambil dan Menghela Nafas Saat Bersepeda ditanjakan sangat diperlukan karena untuk menjaga tubuh agar stabil saat bersepeda di jalan menanjak. Berikut tips teknik bagaimana melakukan gowes bersepeda menaiki jalan menanjak untuk para pemula.

Jaga ritme kecepatan

Menjaga ritme agar kecepatan kayuhan stabil sangat diperlukan. Para pesepeda tidak diperkenankan untuk terburu-buru di jalan menanjak karena dapat membuat tubuh cepat merasa lelah. Kayuh sepeda dengan perlahan dan hati-hati.

Mengatur nafas

Dalam olahraga apapun juga, pernafasan sangatlah penting. Pola pernafasan dengan Mengambil dan Menghela Nafas Saat Bersepeda secara teratur sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tubuh saat gowes di tanjakan. Bila nafas sudah teratur, bersepeda jadi sangat enjoy.

Jaga keseimbangan

Menjaga keseimbangan saat jalan menanjak untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Karena di jalan menanjak, kita butuh konsentrasi tinggi. Lakukanlah dengan hati-hati.

Condongkan badan kedepan

Salah satu hal terbaik untuk Mengambil dan Menghela Nafas Saat Bersepeda adalah mencondongkan badan agak kedepan, sesuaikan dengan kenyamanan kayuhan juga. Hal ini untuk memberi kekuatan pada kaki untuk melakukan kayuhan pedal. Badan condong kedepan juga bermanfaat agar sepeda tidak jumping saat menanjak.

Fokus pada kekuatan kaki

Memfokuskan kekuatan pada kaki sebagai tumpuan agar kayuhan dapat stabil dan kuat saat menanjak. Konsentrasilah untuk melakukan hal ini.

Menanjak dengan zig zag

Bagi yang baru pertama kali bersepeda naik gunung disarankan untuk menanjak dengan zig zag. Hal ini penting untuk mengurangi gaya gravitasi bumi agar beban saat menanjak terasa lebih ringan. Namun tetap waspada dan hati-hati bila ada kendaraan dari arah depan dan belakang.

Jaga emosi

Menjaga emosi sangat diperlukan karena untuk menjaga kesabaran goweser saat jalan menanjak dan mengharuskan anda Mengambil dan Menghela Nafas Saat Bersepeda. Jangan terburu-buru karena tertinggal oleh teman ataupun untuk menyalip teman dihadapan kita. Menuruti hawa nafsu tersebut dapat berimbas pada tubuh kita. Disamping membuat tubuh cepat lelah, sobat bisa saja muntah karena konstraksi di perut. Maka jagalah emosional anda.

Semangat dan optimis

Tetap semangat dan yakin anda bisa melakukannya. Dengan didasari keyakinan yang kuat, anda dapat Mengambil dan Menghela Nafas Saat Bersepeda saat menanjak di pegunungan setinggi apapun. Namun tidak ada salahnya jika anda merasa capek lalu beristirahat sejenak dan melanjutkan perjalanan. Kuncinya hanya satu, jangan pernah menyerah.

Ads :

Ayo menggowes sepeda dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat