Mari Jelajahi Pegunungan Sambil Menggowes MTB
November 14, 2017
Apa Yang Bisa Kita Peroleh Dari Hobi Menjadi Goweser Sepeda
November 14, 2017
Show all

Memilih Sepeda Lipat Untuk Touring Jarak Jauh

Jika anda bermaksud untuk touring jarak jauh dengan menggunakan sepeda lipat, paling tidak 7 tips berikut harus anda perhatikan

sepeda lipat

Stability (Kestabilan dalam berkendara).

Sistem suspensi (susunan komponen) yang baik yang dimiliki sebuah sepeda lipat dapat mengendalikan sepeda dengan stabil terutama ketika berkendara dalam posisi jalanan yang menukik turun. Sepeda harus dibentuk layaknya “sepeda normal” biasa, memiliki susunan dan sudut yang sama sehingga anda tidak akan merasakan perbedaan antara sepeda beroda kecil dengan sepeda beroda besar, yang biasa anda naiki.

Comfort (Rasa nyaman)

Melakukan touring jarak jauh dengan sepeda lipat, maka yang harus betul-betul diperhatikan adalah kenyamanan saat berada di jalan.  Pilih sepeda lipat yang menawarkan kenyamanan dan daya tahan yang baik saat dikendarai bahkan dengan kecepatan tinggi. Dengan memiliki suspensi yang baik, sepeda dapat meredam kejutan serta getaran yang terjadi akibat permukaan jalan yang tidak sempurna sehingga memberikan kenyamanan berkendara.

Perhatikan tinggi sadel, bahan sadel dan ukuran dan kekuatan frame. Begitu pula dengan sistem pengunci, pilihlah konstruksi frame yang kuat serta kaku. Selain itu penting juga untuk memperhatikan sambungan berupa las-lasan yang ada pada frame atau body sepeda, sepeda lipat yang perfect dan bagus hendaknya lebih dipilih. Karena tidak sedikit dari konsumen yang kecewa karena setelah dipakai untuk bersepeda, produk yang dibelinya ternyata tidak nyaman dikendarai.

Space/Load

Sepeda untuk keperluan touring jarak jauh mengharuskan kita untuk memilih sepeda yang punya rak. Memang ada yang menggunakan ransel punggung, namun hal ini tidak disarankan. Memberi beban pada punggung dalam jangka lama rentan akan cedera. Beban di punggung juga membuat gerakan mengayuh menjadi terganggu, terutama untuk melakukan manuver. Pilihlah sepeda yang memiliki desain rak yang baik, yang dapat diatur serta dilipat sedemikian rupa dan untuk keseimbangan, lebih bagus jika rak dipasang di depan dan belakang.

Jangan lupa untuk memastikan bila mana ban pada sepeda lipat itu dilengkapi rem cakram atau tidak.  Untuk rak depan di Indonesia jarang ditemui sehingga harus dilakukan modifikasi. Jangan lupa membeli pannier untuk membawa barang-barang selama aktivitas touring sepeda. Pasanglah pannier di kiri dan kanan serta kantung anti air di atasnya. Jika masih membutuhkan kompartemen bisa dipertimbangkan pannier yang dipasang di setang. Hanya saja daya angkutnya terbatas dan tidak bisa menahan beban yang terlalu berat

Gears (gigi)

Kombinasi gigi sangat berpengaruh terhadap efektivitas pedalis dalam mengayuh sepeda. Hal itu juga berefek pada ketahanan masa pakai komponen sepeda. Sebab, jika kombinasi tidak pas dan dipakai dalam jangka lama maka komponen-komponen akan rusak sebelum masanya. Kombinasi gigi inilah yang membuat sepeda dapat menaklukkan bermacam kontur tanah.

Untuk touring jarak jauh, bila memungkinkan, pilih sepeda yang menggunakan minimal 8 speed. Namun sepeda lipat dengan 8 speed bawaan mimiliki harga agak mahal, sebagai alternatif, pilih sepeda lipat yang menggunakan 6 speed belakang dan 2 speed depan (dual chainrings) untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Roda (Ban)

Sepeda lipat rata-rata memiliki roda berukuran 16 dan 20 inch, lebih kecil dibandingkkan dengan sepeda konvensional. Semakin kecil ukuran ban, maka semakin kompak saat dilipat dan lincah digunakan di bidang sempit. Semakin besar ukuran ban, semakin stabil dan nyaman digunakan untuk perjalanan jauh, namun ukuran saat dilipat juga semakin besar. Roda berukuran 16 inch sangat ideal untuk dijinjing dan dibawa dalam angkutan umum karena lebih praktis dan cepat untuk dilipat.

Untuk Touring jarak jauh, sepeda ini kurang nyaman bagi pengendara yang memiliki postur tinggi dan perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh, sehingga roda berukuran 16″ paling cocok dan nyaman bagi mereka yang hidup di kota padat penduduk. Sedangkan sepeda lipat yang memiliki ban berukuran 20 inch menawarkan kenyaman berkendara dan kinerja yang lebih baik serta tetap masih mudah dilipat. Ukuran ban 20″ adalah balance dari sepeda lipat, artinya cukup kompak dibandingkan sepeda biasa namun tetap nyaman. Seli ini cocok untuk bersepeda sepanjang hari bagi yang mementingkan kinerja daripada portabilitas.

Weight (Berat)

Berat atau bobot sepeda merupakan faktor utama dalam aktifitas touring jarak jauh dengan sepeda lipat. Meskipun memiliki sistem suspensi yang baik, memiliki roda dan gigi yang menunjang, namun berat sepeda yang disarankan hanyalah 9.5Kg atau 19lbs.

Ads :

Ayo touring jarak jauh dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cikini Raya No.60, FGMN, Gedung Arva LT Basement Telp 021-390-97-86 Email : tours@amicaletravel.com

 

WhatsApp chat