Tips Traveling Hemat Ke Jepang
November 6, 2017
Wisata Sepedaan Jakarta, Cozy dan Seru
November 7, 2017
Show all

Penyebab Kaki Kram Dan Nyeri Sendi Setelah Jelajah Bersama Sepeda

Jelajah Bersama Sepeda

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa Jelajah Bersama Sepeda memang memiliki banyak manfaat. Diantara manfaat tersebut ialah dengan bersepeda anda akan bisa mengeluarkan banyak keringat yang dimana keringat tersebut juga akan mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh. walaupun bersepeda memiliki banyak manfaat, namun bersepeda juga bisa memiliki dampak negative jika dalam melakukannya sembarangan. Dampak negatife dari bersepeda tersebut diantaranya ialah mengalami kram pada kaki setelah melakukan olahraga bersepeda dengan jarak yang cukup jauh, selain itu juga nyeri sendi bisa saja dialami para biker.

Biasanya kram akan menyerang pada bagian betis dan paaha, hal tersebut dialami setelah biker bersepeda dengan jarak cukup jauh. Namun nyeri otot dan kaku tersebut juga akan mereka rasakan setelah mengalami kram pada paha dan betis. Untuk itu disini akan menjelaskan bebeapa penyebab yang bisa membuat kaki kram dan otot nyeri. Kram bisa disebabka oleh asam laktat yang menumpuk pada aliran darah yang menuju ke otot tersebut dan bisa mengakibatkan metabolism tubuh menjdi kurang maksimal dalam menjaga kondisi tubuh.

Aliran darah yang tidak lancar bisa mengakibatkan kram pada paha dan betis, hal tersebut dikarenakan saat Jelajah Bersama Sepeda saat itu juga kondisi suhu yang dingin yang bisa menyebabkan proses pemanasan dalam tubuh kurang maksimal dan bisa mengganggu kinerja aliran darah menjadi terganggu. Sebenarnya hal tersebut masih bisa dikurangi resikonya dengan melakukan pemanasan sebelum beraktifitas. Banyak biker yang erkadang masih menyepelekan hal tersebut, yang akhirnya mereka baru mengetahui setelah dirinya mengalami kram.

Selain penyebab tersebut, kram bisa juga disebabkan karena para biker yang terlalu semangat atau ingin segera mencapai tempat tujuan shingga memaksakan untuk tidak melakukan istirahat. Saat Jelajah Bersama Sepeda sangat dianjurkan untuk beristirahat yang cukup dan mengurangi rasa dehidrasi yang bisa menyebabkan kram karena terus mengayuh sepeda. Para penderita penyakit hiperkolestrol dan diabetes akan sering mengalami kram saat bersepeda, hal tersebut karena sirkulasi darah yang mengalir pada otot tidak sempurna yang mengakibatkan pembuluh darah menjadi cepat rusak dan kurang berfungsi.

Ada satu lagi penyebab kram yakni bisa disebabkan biker yang mempunyai berat badan berlebihan, pasalnya serabut syaraf pada kaki akan menjadi lebih tertekan saat mengayuh sepeda. Sebenarnya semua penyebab kram tersebut bisa di cegah dengan beberapa cara yang benar salah satunya dengan cara berhenti terlebih dahulu jika sudah merasakan kram di jalan, selanjutnya lakukan peregangan otot dengan cara memijit perlahan-lahan pada bagian kaki yang kram. Namun yang lebih cepat untuk menghlangkan rasa kram pada kaki ialah jika ada air dingin atau es bisa diusapkan pada kaki untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.

Beberapa cara pencegahan agar tidak terjadi kram ialah dengan melakukan pemanasan dan peregangan pada tubuh, sebelum melakukan gowes dengan jarak jauh sebaikya biker harus melakukan pemanasan dengan cara mengayuh sepeda dengan perlahan atau ringan dengan durasi lima sampai sepuluh menit. Istirahat yang cukup selama Jelajah Bersama Sepeda jarak jauh sangat membantu untuk otot agar tidak tegang, hal ini dilakukan saat ditengah perjalanan sebaiknya beristirahat dulu untuk meregangkan otot, dan tidak boleh langsung mengayuh sepeda dengan jarak yang jauh tapa istirahat. Pasalnya jika diteruskan otot akan lelah dan bisa menegang yang megakibatkan kram pada kaki.

Selain itu sebelum melakukan olahraga bersepeda dilarang makan makanan terlalu banyak. Jika seorang biker sebelum bersepeda sudah makan makanan yang mengandung kalori maka kalori tersebut akan mengalirkan darah ke system pencernaan. Setelah itu darah tersebut akan ditarik oleh perut dan disebarkan ke seluruh otot, hal tersebut bisa menyebabkan sang biker mengalami mual atau sakit perut.

Namun disisi lain biker akan mengalami nyeri sendi jika salah dalam melakukan bersepeda tersebut, nyeri sendi bisa terjadi karena postur telapak kaki yang tidak tepat pada pedal. Untuk itu kita yang sudah menjadi goweser harus memnuhi kebutuhan seperti memiliki sepatu yang cocok untuk Jelajah Bersama Sepeda agar pijakan kaki ke pedal tepat.

Ada beberapa teknik bersepeda yang kurang pas atau maksimal yang meyebabkan nyeri sendi, salah satunya ialah saat mengayuh sepeda yang kurang tepat. Jika seorang biker yang belum perpengalaman dalam mengayh sepeda dan kurang tepat maka biker akan mengalami nyeri Achilles Tendon. Hal tersebut karena otot tendon yang terdapat pada bagian belakang pergelangan kaki atau engkel yang berhubungan dengan otot betis atau tumit.

Teknik Jelajah Bersama Sepeda yang kurang tepat tersebut bisa juga dikarenakan posisi sadel yang terlalu tinggi dan membuat kaki bagian ujung yang bisa untuk mengayuh sepeda, sebaiknya sebelum berangkat untuk bersepeda harus memperhatikan kondisi sepeda dan mengecek semua pelatan yag dibutuhkan, selain itu juga persiapkan kenyamanan badan saat akan bersepeda.

Ayo Jelajah Bersama Sepeda dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cut mutia no 9 Godangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat