Wisata Sepedaan Jakarta, Cozy dan Seru
November 7, 2017
Gowess Ka’ Cirebon
November 7, 2017
Show all

Pembalap Tempuh 137,7 Km di Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen

024376000_1506486745-Screenshot_2017-09-27-10-06-40-449_com.miui.videoplayer (1)

Sebanyak 95 rider siap memulai pertarungan perdananya di etape pertama International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2017, Rabu (26/9/2017). Seluruh pembalap dari 19 tim ini menempuh lintasan sepanjang 137,7 Km.

Mengawali start dari Pasar Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo dan finis di Kantor Bupati Banyuwangi, etape pertama ini menjadi etape pemanasan bagi para pembalap. Etape perdana ini dilepas langsung oleh Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko.

Chairman International Tour de Banyuwangi Ijen, Guntur Priambodo mengat, etape pertama menjadi rute pemanasan untuk mengasah adrenalin para pembalap. Lintasan yang disuguhkan di rute awal ini tidak terlalu berat tapi juga tidak ringan dengan dominasi rute flat atau datar.

“Di etape pertama ini rute yang dilalui tidak terlalu sulit, hanya ada satu tanj yang lumayan menantang di daerah Pakel Kecamatan Licin. Selebihnya semua rute mudah untuk dilalui,” tutur Guntur.

Dimulai dari Pasar Bajulmati, Wongsorejo, pembalap Tour de Banyuwangi menyusuri pinggir pantai melewati Pantai Grand Watudodol, Pelabuhan Ketapang lalu belok menuju jalan lingkar hingga tembus di Patung Kuda. Pembalap terus memancal sepeda menuju arah selatan Banyuwangi menuju Kecamatan Blimbingsari hingga tembus Gladag, Singojuruh, Rogojampi, Labanasem, Pakel, Licin, Glagah lalu turun menuju titik finish Kantor Bupati Banyuwangi.

“Di etape ini para pembalap diajak menyusuri lintasan yang menarik mulai menyusuri jalan di pinggir pantai, melewati perkotaan, daerah persawahan, hingga memasuki alam perkebunan yang sejuk. Di perbukitan Pakel Kecamatan Licin pembalap disuguhkan pemandangan indah Banyuwangi dari ketinggian, terlihat sawah dan laut, pembalap pasti terkesan,” kata Guntur.

Objek Wisata Lain

Para pembalap ini juga melewati obyek wisata bahari Bangsring Underwater. Lokasi ini dikenal sebagai kawasan konservasi terumbu karang yang telah mengantarkan pengelolanya mendapatkan Piala Kalpataru dari Presiden Jokowi bulan Agustus lalu.

Guntur menambahkan, di etape ini pembalap menghadapi tiga titik sprint. Yang pertama di Km 19,8 di daerah Ketapang, lalu Km 36,9 di Pakis, dan Km 83,8 di wilayah Gendoh. Selain itu ada satu titik KOM di Km 115,3 di Pakel, Kecamatan Licin.

“Di titik titik sprint dan Kom ini pembalap saling bersaing untuk merebut poin,” ujarnya.

Kompetisi Tour de Banyuwangi kategori 2.2 ini digelar dalam empat etape pada 27-30 September yang lalu dengan total lintasan sepanjang 533 Km. Even ini diikuti sebanyak 19 tim balap sepeda.

Ayo bergabung dalam Tour de Banyuwangi dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia.

Hubungi kantor kami di :

Jalan Cut mutia no 9 Godangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat