Berpetualang Bersama Komunitas Sepeda Indonesia dengan Mountain Bike
November 3, 2017
6 Tips Agar Liburan ke Beauty Grand Tana Toraja Makassar Makin Menyenangkan
November 3, 2017
Show all

Etape Tour de Indonesia 2018 Akan Lebih Pendek

tour de indonesia 2018

Gelaran balap sepeda paling bergengsi di tanah air, Tour de Indonesia 2018 dipastikan akan digelar pada awal tahun depan, yakni 24-28 Januari. Berbeda dari tahun penyelenggaraan sebelumnya, waktu pelaksanaan Tour de Indonesia tahun ini akan lebih singkat dengan jalur etape lebih pendek mulai dari Jawa Tengah hingga Bali.

Pada pelaksanaan Tour de Indonesia terakhir, enam tahun lalu sebelum vakum, balapan ini digelar dengan 10 etape yang dimulai dari start di Jakarta dan berakhir di Bali. Untuk tahun ini, TdI akan dimulai di Kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah.

“Pelaksanaan Tour de Indonesia tahun ini dipastikan naik level menjadi 2.1 dari sebelum 2.2. Sejauh ini kami dalam masa persiapan, karena kami masih terus kaji rute maksimal yang bisa ditempuh tahun ini. Mengingat untuk tahun ini, kami kesulitan mendapatkan rute. Itu yang menyebabkan jumlah waktu balapan berkurang banyak,” ujar Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, kepada wartawan saat pertemuan dengan media di Jakarta, Rabu, 1 November 2017.

Awalnya, menurut dia, perlombaan tetap membidik Jakarta sebagai awal balalapan. Tapi akhirnya tidak jadi, mengingat masalah Jakarta akhir-akhir ini, yakni kemacetan belum bisa teratasi. Hingga dia pun membidik Tour de Indonesia 2018 lainnya yang memiliki jalur lebih sepi, tapi lebih aman, dan memiliki pemandangan alam yang luar biasa.

Saat ini baru empat etape yang didaftarkannya kepada Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI), tapi jumlah itu menurutnya kemungkinan bisa bertambah. Okto mengaku masih mencari tambahan etape lagi.

“Jika bisa ditambah, dan diizinkan oleh UCI maka kemungkinan balapan akan terus hingga Lombok,” tuturnya.

Ketua Komite Perlombaan PB ISSI Parama Nugroho menambahkan, untuk tahun ini jarak yang ditempuh kurang dari 1000 km. Dari empat etape yang digelar hanya sekitar 700 km yang akan dilalui oleh para pembalap.

Etape Tour de Indonesia 2018 pertama, akan dimulai dari Candi Borobudur, melewati Solo, Tawang Mangu, Sarangan hingga finis di Madiun. Lalu, etape kedua akan berlanjut dari Madiun, lewat Jombang, Pare, Batu, Malang dan finis antara Taman Dayu atau di Prigen.

Setelah itu pada peserta ditranfer ke Probolinggo, lalu melanjutkan perjalanan menuju Jember, Gunung Kumitir dan finis di Banyuwangi. Etape empat, dari Banyuwangi, menyebrang ke Gilimanuk sebagai garis startnya. Dari Gilimanuk menuju Singaraja, Bedugul, Bratan, dan berakhir di Lapangan Puputan Badung Bali.

“Sedikitnya balapan ini akan diikuti oleh 20 tim, dimana setengahnya adalah tim pro kontinental. Untuk sisanya ada tim pro tour serta tim kontinental Indonesia maupun undangan lainnya,” imbuhnya.

Perubahan keempat

Perubahan rute Tour de Indonesia ini adalah yang keempat kalinya. Sebelumnya saat mengumumkan pengunduran pelaksanaan menjadi Januari 2018, pada April lalu, rencananya Tour de Indonesia malah hanya akan berlangsung di tiga provinsi saja. Dengan tetap terfokus di Pulau Jawa yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Lalu, jumlah etape Tour de Indonesia 2018 pun yang awalnya tujuh etape pun dipangkas setengahnya.

Ketika itu, alasan Okto lebih fokus ke tiga wilayah tersebut karena Jakarta, Jawa Barat, dan Banten merupakan tempat penyelenggaraan Asian Games 2018. Terlebih dengan naik grade menjadi 2.1 maka nilainya pun lebih tinggi, hingga harganya pun lebih mahal yakni senilai 1,5 juta euro per satu etape.

Tapi dengan berubah menjadi level 2.1, menjadikan TdI ini sebagai kategori balapan sepeda tertinggi di Indonesia dan satu-satunya balapan sepeda di Indonesia yang bisa masuk dalam kalender UCI Asian Continental Tour.

Untuk balapan nanti, ISSI juga bekerja sama dengan RCS Sport yang merupakan promotor handal yang pernah menangani penyelenggaraan Giro d’Italia, Tirenno-Adriatico, Milano-Sanremo, Strade Bianche, Dubai Tour, dan Abu Dhabi Tour. Bulan Januari sendiri dipilih setelah adanya kesepakatan dengan RCS, mengingat ada jeda waktu setelah Tour Down Under dan sebelum Tour of Dubai dan Tour of Abu Dhabi.

RCS menilai bahwa akan banyak tim-tim dunia (world tour) bisa ikut serta dalam Tour de Indonesia 2018. Pihak RCS, berjanji akan membawa sedikitnya sembilan tim world tour.

Ayo Berlibur ke tempat wisata favorit dan menjelajahi tempat-tempat eksotik nan indah bersama amicaletravel. Tersedia produk-produk perjalanan wisata ke banyak lokasi wisata terkenal di seluruh dunia. Hubungi kantor kami di : Jalan Cut mutia no 9 Godangdia Sofyan Hotel Betawi Lt.2, DKI Jakarta, 10330 Telp./Fax : +62-21-3190-7615 Email : tours@amicaletravel.com

WhatsApp chat