Mari Telaah Manfaat Gowes Sepeda Bagi Kesehatan
October 30, 2017
Ini Dia Pesepeda Jarak Jauh Asli Indonesia
October 30, 2017
Show all

Tips Aman Touring Jarak Jauh dengan Bersepeda

touring jarak jauh

Touring Jarak Jauh dengan memakai sepeda tentu berbeda dengan bersepeda keliling komplek perumahan tempat tinggal Anda. Gowes untuk jarak jauh tentu membutuhkan stamina yang prima karena medan yang bervariasi, cuaca yang berubah-ubah, dan tentu, paparan polutan lebih lama. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melesat bersama sepeda kesayangan Anda.

1.Asupan nutrisi yang cukup

Agar tubuh mempunyai energi selama menggowes sepedan , Anda perlu membentuk beberapa cadangan pada tubuh Anda, termasuk glikogen (karbohidrat), glukosa, dan trigliseda (lemak). Pastikan Anda mengonsumsi makanan berkarbohidrat setiap 3 jam sekali, semenjak 2 atau 3 hari sebelum Anda mulai bersepeda jarak jauh. Selain itu, perbanyaklah minum air putih. Pada saat hari H, jika Anda memulai bersepeda pagi hari, baiknya Anda sarapan terlebih dahulu, sekitar 2 atau 3 jam sebelum mulai. Karena saat bersepeda

Cairan tubuh Anda akan keluar banyak, bawalah persediaan minuman isotonik saat Touring Jarak Jauh sehingga dapat dengan cepat mengganti ion tubuh yang hilang.

2.Pastikan sepeda dalam kondisi baik

Cek kembali sepeda dan perlengkapannya. Periksa gigi gir, rem, roda, dan lain-lain sudah terpasang lengkap. Sebaiknya, Anda juga memeriksa kelancaran perputaran roda sehingga energi Anda tak terlalu mengeluarkan energi saat menggenjotnya. Prinsipnya, pelumasan yang baik akan membuat mekanisme sepeda menjadi lancar karena gesekan yang minimal saat Touring Jarak Jauh dengan bersepeda.

3.Latihan persiapan.

Untuk benar-benar mendapatkan hasil yang maksimal, mulailah terlebih dahulu untuk berlatih beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan sebelumnya. Hal ini selain dapat membuat tubuh Anda lebih bugar. Dengan berlatih secara rutin, tubuh Anda akan terbiasa menggunakan cadangan lemak saat Anda memulai perjalanan jauh.

Aerobik

Anda dapat melakukan latihan aerobik 4 – 6 jam dalam satu minggu termasuk latihan interval 2 – 3 kali. Hal ini dapat meningkatkan kapasitas aerobik dan daya tahan tubuh Anda.

Latihan interval

Latihan interval ini harus selalu Anda selingi pada jadwal latihan Anda. Bersepeda sekuat tenaga Anda selama 3 menit lalu beristirahat selama 3 menit. Lanjutkan pola ini selama 30 – 60 menit. Cobalah juga untuk meningkatkan jarak bersepeda Anda agar tubuh Anda terbiasa dengan Touring Jarak Jauh dan mendapatkan sebuah pencapaian yang maksimal.

4. Teknik bersepeda yang tepat.

Untuk Touring Jarak Jauh, bersepeda secara konsisten dapat menghemat energi dan daya tahan tubuh Anda. Manfaatkan jalanan turun untuk mengistirahatkan kayuhan dan mendinginkan tubuh. 5.Ajak partner. Pilihlah rekan bersepeda yang memiliki stamina yang sama atau bahkan lebih tinggi agar Anda selalu termotivasi untuk terus mengayuh sepeda hingga target jarak tempuh dapat diraih. 6.Pilih jenis sepeda yang tepat. Yang tak kalah penting, pemilihan jenis sepeda yang memang dikhususkan untuk jarak jauh. Pemilihan jenis sepeda itu berkaitan erat dengan posisi tubuh Anda saat menggowes lama

Comments are closed.

WhatsApp chat