Kyoto Kota Seribu Kuil Di Jepang
July 3, 2017
Seputar Informasi Menarik Mengenai Jeju Island di Korea
July 7, 2017
Show all

Icon Romantis Kebanggaan Warga Paris

ENARA EIFFEL – Salah satu icon yang menjadi tujuan wisata di kota paris adalah Menara Eiffel. Sebuah menara yang berdiri kokoh menjulang ke angkasa. Dengan desain yang cantik dan menawan serta pemandangan yang indah, membuat menara ini memiliki daya tarik tersendiri.

Kalau kamu sering melihat film-film romantis ber-setting kota Paris, pasti ada salah satu adegan romatis yang mengambil seting di Menara Eiffel. Mungkin menara ini memang memiliki daya tarik tersendiri untuk pasangan yang ingin menjadikan momen kunjungannya ke Paris lebih berkesan.

Sebelum mengetahui beberapa fakta dan penjelasan tentang Menara Eiffel, baiknya kamu mengetahui sejarah singkat tentang salah satu tempat romantis popular di Bumi ini.

Tepat pada 31 Maret 1889, Menara Eiffel diresmikan di Kota Paris pada sebuah upacara yang sangat meriah. Acara tersebut dihadiri oleh petinggi Negara Perancis, yakni Pierre Tirard yang mempin sebagai Perdana Menteri beserta beberapa pejabat penting dan 200 pekerja konstruksinya.

Berikut dibawah ini beberapa fakta menarik tentang menara tempat romantis kebanggaan paris:

Menara Eiffel

Menara Eiffel

Menara Eiffel dibangun dalam rangka Pameran Dunia dan juga perayaan revolusi Perancis. Menara yang cantik ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889.

Walaupun awal pembangunan Menara Eiffel mendapatkan kecaman dan protes dari penduduk Paris dan kalangan intelektual, menara ini akhirnya selesai jiga dibangun. Bahkan, sekarang menara besi ini menjadi simbol kota Paris dan dapat menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahunnya.

Menara Eiffel sering disebut juga dengan nama lain “Si Wanita Baja” atau La dame de fer. Sebutan ini sangat sesuai dengan keindahan dan kecantikan dari menara ini.

Proyek Pembangunan

Proyek Pembangunan Menara Eiffel
Pembangunan Menara Eiffel dipimpin oleh seseorang bernama Gustave Eiffel, serta dibantu oleh Maurice Koechlin dan Emile Nouguier sebagai insinyur. Selain itu ada juga seorang arsitek yang membantu, namanya adalah Stephen Sauvestre.

Sebenarnya, rencana proyek ini dimulai tahun 1884. Dengan beberapa halangan dan gangguan, akhirnya pembangunan dimulai tahun 1887. Pembangunan dilakukan selama kurang lebih 26 bulan dan selesai pada tahun 1889.

Masih ada lagi nih, ternyata, Eiffel yang merupakan pimpinan proyek berencana membangun menara ini di Barcelona untuk Pameran Universal 1888. Tetapi, pihak yang bertanggung jawab di kota Barcelona menganggapnya aneh, mahal dan tidak cocok untuk kota tersebut.

Penolakan tersebut tidak membuat Eiffel menyerah, kemudian dikirimlah draf rencana tersebut kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, sampai akhirnya menaranya selesai satu tahun kemudian. Menara yang menawan ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889 dan dibuka pada tanggal 6 Mei di tahun yang sama.

Bahan untuk Menara Eiffel

Bahan untuk Menara Eiffel

Menara Eiffel dibangun menggunakan bahan-bahan pilihan dan juga tenaga kerja yang handal. Menara ini dibangun menggunakan besi baja yang dikaitkan, jumlahnya sebanyak 18.038 buah yang saling dikaitkan. Untuk memperkuat konstruksinya, digunakan juga 2.500.00 paku. Dengan semua besi dan baja tersebut, Menara Eiffel jadi memiliki berat 7.300 ton.

Tinggi Menara Eiffel

Tinggi Menara Eiffel
Saat Menara Eiffel selesai dibangun pada tahun 1889, struktur menara ini menjadi yang tertinggi di dunia. Menara berwana hitam nan indah ini memiliki tinggi 312,27 meter. Tinggi itu diukur dari tanah sampai tiang bendera yang ada di puncak menara pada tahun 1889. Tapi, sekarang tingginya menjadi 324 meter sampai ke antenanya.

Gelar sebagai menara tertinggi yang pernah didapat Menara Eiffel hanya dapat dipertahankan sampai tahun 1930. Pada tahun tersebut ada sebuah menara di New York bernama Chrysler Building yang memiliki tinggi 319 meter telah selesai dibangun. Sekarang, Menara Eiffel metupakan menara tertinggi kelima di Perancis dan yang paling tinggi di Paris.

Penerangan Menara Eiffel

Penerangan Menara Eiffel

Untuk membuat Menara Eiffel bercahaya, digunakan 352 proyektor 1.000 watt. Selain itu, digunakan juga 20.000 bola lampu dan juga 800 lampu disko yang akan membuat menara ini makin bersinar dan terlihat sangat indah. Ternyata bukan cuma itu saja, masih ada 4 laser xenon dengan kekuatan 6.000 watt yang akan membuat menara ini tampak lebih hidup.

Jumlah Tangga Menara

Jumlah Tangga Menara eiffel
Kalau kamu berkunjung ke Menara Eiffel dan ingin merasakan perjuangan sampai ke puncak, coba gunakan tangga. Ada sekitar 1.665 anak tangga yang akan membuat kamu berkeringat kalau sudah sampai di atas. Ada juga lift yang akan membawa kamu mencapai lantai dua dengan tenang.

Pembangunan Menara Eiffel

Pembangunan Menara Eiffel

Keindahan menara tertinggi di Paris yang kita nikmati sekarang ini tidak langsung berdiri begitu saja, melainkan berdiri karena perencanaan yang matang. Adanya sebuah bangunan monumental ini dibangun oleh tangan manusia yang kreatif dan professional di bidangnya.

Awalnya, Menara Eiffel ini dibangun untuk memperingati 100 tahun revolusi Prancis. Namun sebelumnya Gustav Eiffel hanya ingin membangun menara ini saja di daratan Eropa. Namun rencana ini dibatalkannya karena menurutnya tanah Eropa tidak cocok dengan struktur bangunan menara yang akan dibangunnya.

Tetapi akhirnya Menara tertinggi di Paris ini berhasil dibangun setelah Gustav mendapatkan sumbangan ide dari kedua anaknya, yakni naurice Koechlin dan Emile Nouguier. Sejak saat itulah kemudian Gustav mengambil alih nama menara yang dibangunnya itu dengan memberinya nama Menara Eiffel.

Pro dan kontra mewarnai pembangunan menara ini, hingga akhirnya pihak pemerintah Prancis yang membantu mengembangkan menara ini sepakat untuk menjadikan menara ini sebagai simbol kekuatan Prancis yang pada saat itu sedang mengalami revolusi besar-besaran.

Elevatornya Belum Berfungsi Pada Saat Upacara Pembukaan

elevator Eiffel

Menara Eiffel yang berketinggian 324 meter tersebut didesain oleh seorang pengusaha Perancis yang bernama Gustave Eiffel beserta dua orang partner Insinyurnya yakni Maurice Koechlin dan Stephen Sauvestre.

Pada saat acara peresmian pembukaan tersebut, elevator pada Menara Eiffel belum bisa digunakan. Seperti yang dijelaskan pada situs resmi Menara Eiffel, tertulis bahwa Gustave sang desainer harus mau mendaki hingga 1.710 tangga.

Hal tersebut dilakukan demi  mengibarkan bendera Perancis tepat di puncak menara Eiffel dengan ditemani oleh para anggota dewan Perancis dan para reporter.

Pada Mei tahun 1889 para pengunjung barulah dapat menggunakan elevator hingga saat sekarang ini. Dari tahun ke tahun elevator terus berevolusi, hingga di zaman sekarang jauh lebih canggih dan modern ketimbang pada saat itu.

Awal mula ide mendirikan Menara Eiffel ialah berasal dari sebuah kompetisi yang diadakan oleh Journal Officiel, dengan mengusung tema “mempelajari kemungkinan mendirikan menara besi di Champs de Mars”.

Dari 107 peserta yang mengikuti kompetisi tersebut, proposal yang diajukan oleh Gustave Eiffel, Kochlin dan Sauvestre terpilih sebagai kandidat. Lalu pembangunan menara mulai dilakukan pada Januari 1887.

Kurang lebih 262 pekerja bangunan menggunakan contoh gambar dari 5300 insinyur untuk membangun Menara Eiffel. Setelah 2 tahun barulah menara tersebut kemudian dibuka untuk ummum pada tahun 1889.

Menara Eiffel Menjadi Pusat dari Paris World Fair.

Menara Eiffel Menjadi Pusat dari Paris World Fair.

Pada bulan Mei 1889 Menara Eiffel dijadikan sebagai pusat diselenggarakannya Paris World Fair, sebuah acara peringatan 100 tahun Revolusi Perancis.

Meskipun sudah terdapat elevator yang bisa digunakan, namun terdapat 30.000 pengunjung yang harus rela menaikin 1.710 tangga menara. Hal tersebut dikarenakan Elevator tidak dapat mengangkut semua pengunjung yang membludak saking ramainya.

Pada Usia 20 Tahun Menara Eiffel Hampir Dirobohkan

eiffel architecture

Setelah Menara Eiffel berdiri selama 20 tahun, sempat akan dihancurkan. Namun hal tersebut masih dapat diselamatkan oleh ilmu sains yang menggap bahwa menara tersebut mempunyai banyak manfaat, seperti misalnya sebagai antena untuk transmisi sinyal radio.

Hingga sekarang, Menara Eiffel masih menjadi salah satu tempat wisata populer bahkan romantis di dunia. Selain itu juga masih memiliki peran yang sangat penting di dunia sains dan teknologi.

Beberapa radio dan stasiun televisi di Paris masih menggunakan menara ini demi memancarkan sinyal mereka.

Menurut salah satu media yang bernama The Verge, Menara Eiffel terpasang dua turbin angin diatasnya. Turbin angin diciptakan untuk menyediakan listrik yang cukup besar bagi melengkapai kebutuhan kawasan di sekitaran menara dan juga merupakan sebagai icon simbol energi yang ramah lingkungan.

Pada saat memperingati Earth Hour, Menara Eiffel juga ikut memadamkan lampunya sejenak. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk dari kepedulian akan Kampanye perubahan iklim, yang mana kota Paris notabene dikenal sebagai “City of Light” .


Dan sekarang ada kabar baiknya loh guys buat kalian nih yang mau mengunjungi langsung Icon Romantis Paris tersebut loh… Bahkan tidak hanya menara Eiffel di Paris, namun kalian juga akan mengunjungi beberapa tempat terbaik lainnya di negara Eropa Timur nih.

Mau tau bagaimana caranya kalian bisa berlibur ke tempat tersebut?, AMICALE Tour & Travel lah jawabannya…

Kami memiliki beberapa perjalanan menarik serta halal loh…. Dan salah satunya ya negeri Eropa Timur ini, apakah anda berminat untuk mencobanya? Anda bisa langsung KLIK DISINI yaa

 

TERIMA KASIH kami akan merespon permintaan anda kapan pun anda mau… 😀

Comments are closed.

WhatsApp chat